Air Laut Pasang, 9 RT di Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

Warga berjalan melintasi banjir rob yang menggenangi Kampung Nelayan Muara Angke di Penjaringan, Jakarta, Senin, 26 November 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA Metro – Kondisi pasang air laut mengakibatkan banjir rob di beberapa titik di wilayah Jakarta Utara, Jumat, 25 November 2022.

Heru Budi Kewalahan Kalau Jakarta Diguyur Hujan Selama 4 Jam

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menjelaskan, hingga hari ini, ada sembilan RT di Jakarta Utara yang terdampak rob.

Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang menjelaskan RT mana saja terdampak banjir rob tersebut. 

Ratusan Rumah di Lamongan dan Gresik Terendam Banjir

Ada sembilan RT yang tergenang banjir rob yaitu, dua RT di Kelurahan Koja dengan ketinggian air 20-30 sentimeter; Kelurahan Pluit ada 6 RT dengan ketinggian air 25 sentimeter; Kelurahan Penjaringan ada satu RT dengan ketinggian air 25 sentimeter.

Pengendara sepeda motor menerobos banjir yang menggenangi kawasan Jakarta (Ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA Foto/Muhammad Adimaja
Pemerintah Kaji Giant Sea Wall Masuk Jadi Proyek Strategis Nasional

"Sedangkan wilayah yang sudah surut sebanyak dua RT dari Kelurahan Marunda," ujar Michael dikonfirmasi, Jumat, 25 November 2022.

Michael mengatakan, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan banjir rob secara rutin dalam kurun waktu satu jam.

Pihak BPBD DKI, kata Michael, juga akan berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), untuk menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama para lurah dan camat setempat. "Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ujarnya.

Dalam kejadian banjir rob ini, BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. "Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya