350 Kader di 33 Posyandu Depok Diberi Ilmu Atasi Masalah Stunting

RS Bhayangkara Brimob dan UPN gelar pelatihan permasalahan stunting
RS Bhayangkara Brimob dan UPN gelar pelatihan permasalahan stunting
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Metro – Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Korps Brimob Polri berkolaborasi dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ menggelar pelatihan kesehatan untuk membantu menekan kasus stunting di Kota Depok, Jawa Barat. Pelatihan ini diikuti 350 kader dari 33 posyandu di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Prof. Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama antara RS Bhayangkara Brimob, UPN dan Pemerintah Kota Depok. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kesehatan di Kota Depok.

“Ini salah satu langkah bela negara di bidang kesehatan. Jika semua sudah melek akan kesehatan, maka akan mempercepat status kesehatan Indonesia,” ujarnya di RS Bhayangkara Brimob, Depok, Senin, 28 November 2022.

Para kader ini akan mengikuti delapan pos pelatihan yaitu Monofilamen dan Senam Kaki, Antropometri Balita dan Deteksi Dini Tumbang, Penanganan Cidera, Tanaman Obat Keluarga dan Kreasi Menu, Periksa Payudara Sendiri, Sanitasi, Kesehatan Lansia dan Deteksi Dini Stroke, serta Kespro dan KIA. 

Ilustrasi pencegahan stunting

Ilustrasi pencegahan stunting

Photo :
  • vstory

Berdasarkan survei status gizi Indonesia (SSGI) 2021, angka stunting di Kota Depok merupakan yang terendah se-Jawa Barat, yakni 12,3 persen atau menurun dari tahun 2019 sebesar 16,09 persen. Dari jumlah itu, terdapat 309 balita yang mengalami stunting di Kecamatan Cimanggis dan 181 balita stunting terdapat di Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok.

Halaman Selanjutnya
img_title