1.000 Polisi Jaga Acara Natal Gereja Tiberias di GBK Malam Ini

Acara Natal Tiberias 2022
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Metro – Gereja Tiberias Indonesia malam ini akan menggelar ibadah Natal di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Acara natal itu telah mengantongi izin rekomendasi dari kepolisian.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

"Jadi acara itu Polda Metro dalam hal ini hanya memberikan rekomendasi kepada Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi wartawan, Sabtu 3 Desember 2022.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Zulpan mengatakan surat pemberitahuan dari panitia penyelenggara telah diterima Polda Metro Jaya. Rekomendasi yang diberikan kepolisian pun menyatakan acara itu bisa diadakan di Stadion GBK.

"Artinya dari segi rekomendasi Polda Metro bisa saja dilaksanakan kegiatan itu. Tapi untuk izinnya Mabes Polri yang mengeluarkan izin," kata Zulpan.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

Secara terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan kebijakan pengamanan telah disiapkan di lokasi. Setidaknya hampir 1.000 personel bakal diturunkan untuk mengamankan ibadah Natal di GBK malam ini.

"Sementara kita turunkan 7 SSK atau hampir 1.000 personel," ucap Komarudin.

Komarudin menambahkan, kebijakan rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan. Namun, langkah itu diambil secara situasional melihat kondisi di lapangan.

"Sementara kebijakan lalin normal karena di lingkungan GBK tidak ada kegiatan lain hari ini, artinya kapasitas kantong parkir di GBK mencukupi. Tapi tetap karena ini akhir pekan kita sudah siapkan langkah satu, dua, tiga, untuk antisipasi," ujarnya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

Sebelumnya diberitakan, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) akan digunakan kembali untuk kegiatan selain sepakbola. Setelah pekan lalu ada acara silaturahmi relawan Jokowi, dalam waktu dekat GBK akan digunakan dalam acara keagamaan yakni Natal Tiberias 2022.

Acara ini ternyata sudah mendapatkan izin dari Mabes Polri. Dalam undangan yang diterima VIVA, panitia acara ini diisi oleh salah satu Jenderal Polri. 

Dia adalah Karo Paminal Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Brigadir Jenderal Polisi Anggoro Sukartono . Berdasar undangan, Brigjen Anggoro disebut jadi ketua pengamanan Natal Tiberias 2022.

"Adapun salah satu narasumber talkshow dalam presscon ini adalah Brigjen Pol Anggoro Sukartono, S,I.K- Karopaminal Divpropam Polri & Ketua Pengamanan Natal Tiberias 2022," demikian bunyi petikan undangan yang diterima VIVA, dikutip Jumat, 2 Desember 2022.

Selain Brigjen Anggoro, dua narasumber lain yang diundang adalah pendeta Aristo Pariadji, selaku pimpinan gereja Tiberias Indonesia dan pendeta Gideon Simanjuntak, selaku ketua humas dan sekretaris umum Gereja Tiberias Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya