Dinkes DKI Sebut Capaian Vaksinasi Booster Kedua untuk Lansia Masih Rendah

Ilustrasi pemberian vaksinasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA Metro – Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Ngabila Salama mengungkapkan, capaian vaksinasi booster kedua untuk warga lanjut usia (lansia) masih rendah sejak dibuka pertama kali pada 22 November silam.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

“Yang sudah (vaksin) 56.267 dibagi 435.166 atau sekitar 13 persen,” kata Ngabila kepada awak media dikutip Minggu, 11 Desember 2022.

Lantaran itu, Ngabila mengimbau agar lansia di Jakarta untuk segera melakukan vaksinasi kedua. Sebab, ia mengatakan, saat ini layanan vaksinasi sudah dibuka dimulai dari hari Senin hingga Minggu. “Di Jakarta layanan vaksinasi banyak Senin-Minggu termasuk sore dan malam hari,” ujarnya. 

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Vaksinasi booster untuk lansia (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Ngabila mengungkapkan, vaksinasi booster kedua di Jakarta untuk warga lansia sudah dapat diakses untuk pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) di seluruh Indonesia.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

“Bisa untuk KTP seluruh Indonesia. Syarat lansia 60 tahun ke atas yang sudah jarak minimal enam bulan dari dosis ketiga,” ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dihimpun oleh Ngabila, sejak Oktober hingga November 2022, akibat kematian COVID-19 di Jakarta adalah 40 persen belum vaksin sama sekali, 15 persen sudah vaksin kesatu dan 35 persen baru vaksin kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya