Polisi ke Kampung Boncos tapi Bukan Gerebek Narkoba, Ini yang Dilakukan

Polisi ke Kampung Boncos, Palmerah, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon

VIVA Metro – Polisi kembali mendatangi Kampung Boncos, yang berada di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, hari ini Senin 12 Desember 2022. Namun ada yang berbeda dalam kedatangan polisi kali ini.

Pengakuan Mengejutkan Ojol Pencuri Velg dan Ban Mobil di ITC Cempaka Mas

Biasanya ke kampung itu melakukan penggerebekan atau penangkapan pelaku penyalahgunaan narkoba. Tapi kali ini polisi ke sana cuma untuk berdiskusi dan koordinasi dengan pengurus lingkungan setempat. Ini dilakukan guna pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

"Kami berkunjung dalam rangka terkait rencana pelaksanaan kegiatan P4GN," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Mukti Juharsa kepada wartawan, Senin 12 Desember 2022.

Cerita Polisi 2 Hari Nginep di Kawasan Konservasi Ujung Kulon

Mukti bahkan terjun langsung ke sana, bersama wakilnya Ajun Komisaris Besar Polisi Donny Alexander. Mereka memberikan nomor telepon ke sejumlah perwakilan warga. 

Dirinya meminta agar warga Kampung Boncos, melapor ke polisi apabila mengetahui adanya dugaan penyalahgunaan atau peredaran narkoba di sana.

12 Polisi di Sulbar Dipecat Tidak Hormat, Ini Penyebabnya

"Dengan maksud bahwa apabila ada info dari perangkat lingkungan maupun dari warga terkait adanya peredaran atau transaksi narkoba maka Ditresnarkoba akan segera menindaklanjuti. Sehingga Kampung Kiapang atau Kampung Boncos ini bersih dari narkoba," kata dia.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Donny Alexander menambahkan, pihaknya berencana mendirikan kampung tangguh bebas narkoba di sana. Posko ini, kata dia, nantinya bisa dimanfaatkan warga untuk menggelar kegiatan lingkungan. Termasuk memberi imbauan kepada warga guna berkolaborasi memerangi dan memberantas barang haram itu.

"Kami mengimbau kepada pengurus lingkungan RW 03 dan RT 06 untuk menyampaikan imbauan kepada warganya, agar bersama-sama dengan Polri untuk memerangi dan memberantas narkoba," kata Donny menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, Polsek Palmerah Jakarta Barat Kembali menggerebek kawasan rawan peredaran narkoba Jakarta Barat, Kampung Boncos, Kamis 1 Desember 2022.

Kapolsek Palmerah, AKP Dodi Abdul Rohim mengatakan dalam penggerebekan kali ini pihaknya mengamankan 12 orang, 8 di antaranya terbukti positif narkoba jenis sabu.

Beberapa pengedar sabu di Kampung Boncos diringkus polisi saat tertidur pulas. Dalam sidak itu, Polsek Palmerah sampai melibatkan anjing pelacak. 

"Iya diduga pengedar. Tapi kita dalami dulu, kita kembangkan, soalnya tidak ditemukan barang bukti sabu, hanya alat hisap dan sajam," ujar Dodi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya