Diguyur Hujan Lebat, 2 RT di Jakarta Terendam Banjir

Ilustrasi banjir.
Sumber :
  • VIVA / Vicky Fazri (Jakarta)

VIVA Metro – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian wilayah Jakarta pada Rabu 4 Januari 2023. Akibatnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat adanya genangan di beberapa titik di wilayah Ibu Kota.

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

“BPBD DKI mencatat saat ini terdapat 2 RT atau 0,007 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Michael Sitanggang dalam keterangan resminya, Rabu 4 Januari 2023.

Ilustrasi banjir di Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Dua Warga Dilaporkan Hilang akibat Longsor di Padang

Adapun data wilayah mengalami banjir akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berdasarkan data BPBD DKI sebagai berikut:

Jakarta Timur terdapat 1 RT yang terdiri dari:

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Kelurahan Tengah

- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 50 Cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi

Jakarta Selatan terdapat 1 RT yang terdiri dari:

Kelurahan Cipulir

- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 60 Cm
- Penyebab: Curah hujan tinggi

Banjir di Pejaten Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Michael mengungkapkan saat ini pihaknya sudah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat.

“Untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat,” ucap dia.

Michael pun menyebutkan genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu dekat. Selain itu, ia mengimbau agar masyarakat untuk terus berhati-hati dan waspada terhadal potensi genangan.

“Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya