6 Calon Sekda DKI Lulus Tes Manajerial, Kepala BPK Bali Raih Nilai Tertinggi

Lima dari enam calon Sekda DKI Jakarta berfoto bersama.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Isnawa Adji

VIVA Metro – Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali Joko Agus Setyono meraih nilai tertinggi berdasarkan hasil tes manajerial dan sosio kultural di Badan Kepegawaian Negara (BKN), untuk seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Suhajar Diantoro di Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023, mengumumkan nilai tes manajerial dan sosio kultural tertinggi mencapai 88,16 yang diraih pejabat BPK tersebut.

Pengumuman hasil tes manajerial itu tertuang dalam Pengumuman Nomor 3 Tahun 2022 yang diunggah pada laman Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta.

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Gedung Balai Kota DKI Jakarta

Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Adapun tes manajerial diikuti tujuh orang kandidat dan hasilnya enam orang dinyatakan lulus. Keenam orang kandidat itu berdasarkan nilai tertinggi, yakni Joko Agus Setyono mencapai 88,16. Kemudian posisi kedua Dhany Sukma yang merupakan Wali Kota Jakarta Pusat meraih nilai 87,07.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Selanjutnya, di tempat ketiga Michael Roland Cesnanta Brata yang juga Kepala Badan Pengelola Aset Daerah DKI Jakarta dengan nilai 86,58. Di urutan keempat Inspektorat DKI Syaifullah Hidayat dengan angka 80,22.

Kemudian, pada posisi kelima dan keenam, yakni Kepala Pelaksana Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Isnawa Adji dengan nilai 79,98 dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Benni Aguscandra dengan nilai 77,84.

Kantor Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota pasang bendera setengah tiang, 30 September 2020.

Photo :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

Ada satu kandidat yang langkahnya terhenti, yakni Bayu Meghantara selaku Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi DKI Jakarta.

Setelah tes manajerial, panitia seleksi (pansel) melanjutkan tes wawancara yang dilaksanakan pada Kamis (26/1) ini pukul 09.00 WIB di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

Pengumuman hasil tes manajerial dan pelaksanaan tes wawancara tersebut diadakan lebih cepat dibandingkan jadwal yang tertera pada Pengumuman Nomor 1 Tahun 2022 tentang seleksi terbuka untuk posisi Sekda DKI.

Sebelumnya, pengumuman hasil seleksi manajerial dijadwalkan pada Jumat (27/1) dan jadwal tes wawancara dengan pansel pada 30-31 Januari 2023. Sedangkan sesuai jadwal, pengumuman hasil akhir dari pansel rencananya pada 2 Februari 2023.

Seleksi terbuka untuk posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya setingkat sekda itu dapat diikuti peserta dari seluruh Indonesia asalkan memenuhi persyaratan. Di antaranya sedang atau pernah menduduki JPT Pratama atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat dua tahun.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), JPT Pratama merupakan pejabat setingkat eselon II di antaranya kepala dinas atau kepala badan provinsi serta jabatan lain yang setara.

Bobot terbesar dalam penilaian seleksi itu adalah wawancara dengan pansel sebesar 35 persen serta tes manajerial dan sosial kultural 25 persen. Kemudian kompetensi bidang dan rekam jejak masing-masing bobot 20 persen.

Untuk hasil akhir, panitia seleksi memilih sebanyak tiga calon sesuai urutan nilai tertinggi untuk disampaikan kepada gubernur selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

PPK nantinya mengusulkan tiga nama calon itu kepada Presiden dan Kepala Negara memilih satu orang calon sekda. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya