Soal Pemisahan Koridor di Skywalk Kebayoran Lama , Pemprov DKI: Untuk Permudah Masyarakat

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA Metro – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan evaluasi sekaligus optimalisasi Skywalk Kebayoran, Jakarta Selatan. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta melakukan pemisahan jalur di skywalk tersebut untuk mempermudah masyarakat.

Ada Nobar Indonesia Vs Irak di Monas, Layanan Bus Transjakarta Diperpanjang

"Saat ini sudah dilakukan pemisahan, untuk mempermudah masyarakat. Bagi masyarakat yang nantinya akan melakukan perjalanan lanjutan dengan angkutan umum massal, mereka akan keluar dan tap out, misalnya dari Stasiun Kebayoran, lalu mereka tap in kembali di mesin yang langsung masuk menuju ke Halte Transjakarta, baik itu koridor 8 maupun koridor 13," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo melalui keterangan pers, Rabu, 8 Februari 2023.

Syafrin mengatakan, bagi masyarakat yang tidak melanjutkan dengan angkutan umum massal, otomatis tidak akan membayar lagi. Pemisahan jalur yang dilakukan saat ini masih berlaku sementara dan ke depan akan dilakukan peningkatan.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • BNPB

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menjelaskan bahwa prioritas skywalk untuk mengintegrasikan penumpang antarmoda, yaitu Stasiun KRL (Commuter Line) Kebayoran-Halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama Koridor 8-Halte Transjakarta Velbak Koridor 13.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

"Prioritasnya untuk pengguna moda transportasi terintegrasi. Namun, dengan adanya pemisahan ini, bagi masyarakat umum yang ingin melintas sekadar untuk menyeberang atau berfoto juga tidak dikenakan biaya," ujar Hari.

Sebelumnya diwartakan, para pejalan kaki yang melintas di Skywalk Kebayoran Lama kini tak lagi dikenakan biaya tap in dan tap out sebesar Rp3.500. Transjakarta membebaskan biaya bagi mereka yang lewat di skywalk tersebut. 

Skywalk Kebayoran Lama.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna.

Kepala Divisi Sekretaris Transjakarta, Anang Rizkani Noor mengatakan, pihaknya membuat pemisah antara dua koridor bagi yang ingin melintas di skywalk tersebut.

"Benar (sudah tidak berbayar Rp3.500). Mekanismenya adalah, dibuat pemisah sementara di skywalk, lalu yang akan ke Halte Kebayoran Lama (Koridor 8) dan Halte Velbak (Koridor 13) akan tap in di area halte tersebut," kata Anang saat dikonfirmasi VIVA, Selasa, 7 Februari 2023.

Anang menambahkan, pemisahan tersebut bersifat sementara dan akan dibangun permanen sehingga untuk seterusnya bagi pejalan kaki yang ingin melintas tidak akan terkena biaya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya