Kadishub Bilang Penyebab Macet di MT Haryono-Kuningan Gegara Pembangunan LRT

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo
Sumber :
  • BNPB

VIVA Metro – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkap alasan kemacetan yang terjadi akhir-akhir ini, khususnya di Jalan MT Haryono Jakarta Timur dan Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan karena pembangunan LRT.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Kenapa padet banget akhir-akhir ini jadi saat ini di Jalan MT Haryono dan Rasuna Said sedang ada pembangunan LRT pembangunan LRT itu menggunakan lajur lalu lintas," kata Syafrin kepada wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Kamis 9 Februari 2023.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Karena pembangunan itu, jalanan yang tadinya memiliki 4 lajur harus mengalami penyesuaian penyempitan menjadi hanya 2 lajur. Penyempitan lajur ini juga berimbas para jalur Transjakarta.

“Juga beberapa ruas koridor Transjakarta itu akhirnya ditiadakan separator nya, akibat dari itu contohnya dari arah selatan khusunya di Mampang, Pancoran,” kata dia.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Kemacetan ini juga mengular hingga ke Mampang Prapatan. Alasannya, tiang LRT yang dibangun di pintu keluar underpass Kuningan membuat kendaraan yang keluar dari underpass tersendat.

"Kemudian dari arah Kuningan ke Warung Buncit itu sering terjadi kepadatan karena memang di sana sudah ada underpass, begitu muncul (keluar underpass) di seberangnya udah ada beberapa tiang LRT," tuturnya.

Pihak Syafrin berkomitmen untuk segera mengembalikan fungsi ruang jalan di dua kawasan tersebut setelah pemasangan tiang selesai. Jika kemacetan masih terus terjadi, maka hal tersebut akan masuk dalam bagian evaluasi.

"Kami akan berfokus pada reinstatement jalan atau pengembalian fungsi jalan yang setelah itu kami evaluasi untuk peningkatan kinerjanya," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya