Penampakan Rumah Sempit Pemilik Jeep Rubicon yang Disebut Rafael Alun

Pemilik Jeep Rubicon Rafael tinggal di gang armpit
Sumber :
  • VIVA / Zendy Pradana

VIVA Metro – Pemilik Jeep Rubicon Rafael Alun berlamatkan di Gang Jati, RT 1/RW 1, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Adapun rumah pemilik Jeep Rubicon bernama Ahmad Saefudin terbilang sempit dan tampak tidak muat untuk kendaraan seperti mobil atau roda empat.

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, dalam gang tersebut tampak dipenuhi parkir motor di setiap bahu jalannya. Bahkan, jika kendaraan motor sudah masuk dengan berlawanan arah pasti gang tersebut langsung tersendat.

Salah satu dari kendaraan motor pun terpaksa harus mengalah jika tidak ingin tersendat. Gang tersebut diketahui hanya memiliki luas kurang lebih 2 meter.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Namun, ketika VIVA masuk kedalam Gang Jati 1, ternyata rumah Saefudin tidak berada di sejajar jalan Gang Jati. Lantaran ada di sebuah jalan yang menyerupai lorong sempit.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Bangunan rumah Saefudin tampak berwarna ungu dengan dilengkapi pintu rumah berwarna putih. Rumahnya tepat ada di pojok jalan yang menyerupai lorong tersebut.

Kemudian, di depan rumah Saefudin terdapat sejumlah perabotan bahkan jemuran pakaian pun tampak di pajang di depan rumahnya.

Mobil Rubicon yang digunakan pelaku penganiayaan anak petinggi GP Ansor

Photo :
  • Ist

Suasana di sekitar rumah kontrakan itu terasa begitu lembab. Halamannya juga sangat sempit, hanya muat untuk parkir satu sepeda motor. Kemudian VIVA pun coba mencari tahu dimana lokasi yang luas dan mumpuni untuk memparkirkan sebuah mobil mewah.

Namun, tak ada lahan yang luas untuk parkir sebuah mobil bahkan mobil mewah seperti Jeep Rubicon.

Ternyata setelah didalami pemilik rumah itu, ia tak mengetahui hal apapun. Pasalnya pemilik rumah itu merupakan orang yang menempati rumah mirip kontrakan setelah Ahmad Saefudin.

Sementara itu, Ketua RT di sekitar lokasi, Kamso Badrudin (49) mengatakan Saefudin terkahir kali tinggal di rumah tersebut pada 2007 silam. Menurutnya, sangat tidak mungkin Saefudin memiliki Rubicon.

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Dandy menganiaya anak petinggi Ansor

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

"Ya yang dia (Saefudin) aja motor butut, gimana mau punya mobil," ujar Kamso saat ditemui di lokasi, Jumat 3 Maret 2023.

KPK Temukan Pemilik Asli Jeep Rubicon Rafael

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan bahwa Jeep Rubicon yang dikendarai oleh Mario Dandy Satriyo (20) yakni bukan atas nama kepimilikan Mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo.

Seperti diketahui, Jeep Rubicon tersebut dikendarai oleh Mario Dandy ketika dirinya melakukan penganiayaan kepada David (17), anak pengurus pimpinan pusat GP Ansor DKI Jakarta.

"Rubicon ya Minggu lalu tim sudah ke lapangan benar itu memang bukan atas nama yg bersangkutan STNK dan BPKB nya," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu 1 Maret 2023. 

Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo usai klarifikasi di KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

"Dan kita datangi alamat yg kita punya itu gang di daerah Mampang jadi memang orangnya sudah pergi tp itu alamat di dalam gang. Jadi kita pikir ini tidak mungkin dia punya itu," sambungnya.

Namun demikian, pengakuan Rafael Alun sendiri saat dirinya tengah menjalani pemeriksaan klarifikasi harta kekayaan di gedung merah putih, bahwa Jeep Rubicon tersebut merupakan atas nama kakak dari Mario Dandy.

"Tapi barusan diklarifikasi yang bersngkutan itu memang bukan atas nama yang bersangkutan tapi atas nama kakak yang bersangkutan," kata dia.

Rafael Alun Trisambodo Usai Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Maka dari itu, untuk memastikan terkait dengan atas nama kepemilikan Jeep Rubicon itu, Pahala meminta kepada Rafael Alun untuk menunjukan surat kendaraannya kepada penyidik.

"Jadi dari yang di gang lantas dia (Rafael) beli, dia jual lagi ke kakaknya. Jadi kita bilang ya sudah kasih tunjuk aja dokumennya nanti biar dia akan bawakan itu yang Rubicon," beber Pahala.

Pahala pun masih belum bisa memastikan terkait dengan kepemilikan Harley Davidson yang juga sempat dipamerkan oleh Mario Dandy.

"Harley Davidson karena nggak ada pelat nomornya kita juga nggak bisa cari ke mana mana," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya