Warga Tak Percaya Saefudin Pemilik Jeep Rubicon Rafael: Buat Makan Aja Susah

Rumah kontrakan Saefudin yang disebut punya Jeep Rubicon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

VIVA Metro - Identitas pemilik awal Jeep Rubicon yang dikendarai anak dari mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo, Mario Dandy diungkap KPK. Pemilik awal Rubicon tersebut bernama Ahmad Saefudin dengan alamat Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

VIVA menelusuri lokasi rumah yang disebut rumah Saefudin di Gang Jati, RT 1/RW 1, Mampang Prapatan. Namun, warga setempat tak percaya Saefudin pernah punya kendaraan mewah Rubicon.

Salah seorang warga bernama Ani (50), mengaku tak percaya jika Saefudin punya Rubicon. Dia punya alasan karena Saefudin hanya bekerja sebagai cleaning service.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Segera Diadili, Bakal Didakwa Suap dan Gratifikasi

Menurut dia, Saefudin juga pernah jualan kopi dan mie rebus untuk pendapatan tambahan sehari-hari. Ia mengatakan demikian karena berdasarkan dari cerita Saefudin.

"Nggak, saya nggak percaya. Karena satu dia cleaning service. Kadang dulu dulu ya, dia jualan kopi juga, jualan indomie juga. Buat makan aja susah. Kalau gaji doang, buat makan nggak cukup. Katanya dia ya kalau cerita," kata Ani, Kamis, 2 Maret 2023.

Sekjen DPR Mangkir Panggilan KPK, Minta Diperiksa 15 Mei

Menurut dia, Saefudin merupakan orang yang memiliki ekonomi yang yang biasa. Maka itu, dia kaget kalau Saefudin punya mobil mewah.

"Boro-boro mobil. Orangnya aja susah. Kalau kita nggak percaya ngambil-ngambil mobil itu," beber dia.

Namun, Ani mengatakan Saefudin adalah orang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.

"(Sosialisasi) iya, kalau dia sama siapa aja. Semua orang juga mungkin tau," tutur Ani.

Sebelumnya, KPK menyebut Rubicon yang dikendarai Mario Dandy bukan atas nama kepemilikan eks pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo. Pemilik Rubicon Rafael Alun berdasarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) berlokasi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. KPK pun sudah mengecek ke lapangan dengan mendatangi rumah tersebut.

"Dan kita datangi alamat yang kita punya itu gang di daerah Mampang jadi memang orangnya sudah pergi tapi itu alamat di dalam gang. Jadi kita pikir ini tidak mungkin dia punya itu," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung KPK, Rabu, 1 Maret 2023.

Pemilik Jeep Rubicon Rafael tinggal di gang armpit

Photo :
  • VIVA / Zendy Pradana

Dari pengamatan VIVA, gang kecil berukuran sekitar 2 meter itu tampak dipenuhi parkiran motor di setiap bahu jalannya. Bahkan, jika ada dua kendaraan motor masuk saling berlawanan arah kemungkinan akan tersendat. Salah satu dari kendaraan motor mesti harus mengalah jika ak ingin tersendat. 

Saat masuk kedalam Gang Jati 1, ternyata rumah yang ditempati Saefudin tak berada jajar jalan Gang Jati. Lantaran ada di sebuah jalan yang menyerupai lorong sempit.

Tembok dinding depan rumah Saefudin berwarna ungu. Rumah itu ada pintu berwarna putih. Rumahnya tepat ada di pojok jalan yang menyerupai lorong tersebut.
 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya