Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin Mangkir dari Panggilan KPK Soal Pungli Rutan

Eks Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

Jakarta – Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin mangkir dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal kasus dugaan pungutan liar (pungli) di Rutan Cabang KPK. Sejatinya dia dipanggil pada Rabu 8 Mei 2024.

Istana Ungkap Kriteria Pansel KPK Pilihan Jokowi: Berintegritas dan Concern Berantas Korupsi

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, dari sejumlah saksi yang dipanggil berbarengan dengan Azis, hanya dia yang tidak hadir tanpa memberikan konfirmasi.

"Informasi yang kami peroleh dari tim penyidik tidak ada keterangan ya, sehingga kami ingatkan kepada yang bersangkutan untuk hadir pada panggilan berikutnya yang segera kami kirimkan,” ujar Ali Fikri kepada wartawan, Kamis 9 Mei 2024.

Nama-nama Calon Anggota Pansel KPK Masih Digodok Presiden Jokowi

Ali menuturkan keterangan dari Azis Syamsudin sangat penting, tujuannya untuk membikin terang kasus pungli yang terjadi di dalam rutan KPK. Pekan depan, rencananya Azis akan kembali dipanggil KPK.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Sekjen DPR Ajukan Praperadilan soal Penyitaan Pasca Penggeledahan oleh KPK

“Pekan ini belum. Kemungkinan pekan depan termasuk tadi berbarengan dengan Sekjen DPR,” ujarnya.

Seperti diketahui, Azis Syamsuddin pernah menjalani penahanan di Rutan KPK buntut kasus dugaan korupsi. 

Selain Azis, ada sejumlah nama lain yang ikut dipanggil KPK terkait kasus ini. Mereka di antaranya Rezky Herbiyono (swasta), Hiendra Soenjoto (swasta), Bong Tjiee Tjiang alias Aseng (swasta), Ainul Faqih (swasta atau mantan staf administrasi DPR).

Kemudian, M Naim Fahmi (pegawai negeri sipil), Dasep Sutrisno (anggota Satpol PP) dan Mustarsidin (pengamanan).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memecat sebanyak 66 pegawai Rutan KPK yang terlibat dalam kasus dugaan pungutan liar (pungli) yang terjadi di Rutan KPK. Hal itu dilakukan sebagai bentuk zero tolerance.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa pemecatan itu dilakukan KPK pada Selasa, 23 April 2024.

"KPK telah menyerahkan Surat Keputusan Pemberhentian kepada 66 pegawai yang terbukti melakukan pelanggaran pemerasan di Rutan Cabang KPK," ujar Ali Fikri kepada wartawan dikutip Kamis, 25 April 2024.

Ali menjelaskan bahwa keputusan itu dilakukan berdasarkan hasil dari pemeriksaan hukuman disiplin terhadap PNS KPK, yang terlibat kasus pungli di Rutan KPK pada 2 April 2024.

Pemeriksaannya juga turut melibatkan atasan langsung, unsur pengawasan dan unsur kepegawaian. Kemudian, puluhan pegawai terbukti melanggar PP Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS, yaitu Pasal 4 huruf i; Pasal 5 huruf a; dan Pasal 5 huruf k.

"Selanjutnya pada 17 April 2024, Sekretaris Jenderal KPK selaku Pejabat Pembina Kepegawaian menetapkan Keputusan Hukuman Disiplin tingkat berat berupa pemberhentian sebagai PNS, sebagaimana diatur dalam Pasal 8 Ayat (4) huruf c PP 94 Tahun 2021," kata Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya