Nasdem: IMB yang Diterbitkan Anies untuk Warga di Kawasan Depo Plumpang Meneruskan Jokowi

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Ketua Partai Nasdem DKI Jakarta Nurcahyo membela Anies Baswedan atas polemik penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sementara di kawasan Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Menurutnya, Anies Baswedan hanya meneruskan hal yang telah dilakukan Jokowi sebelumnya saat menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. 

"Yang diterbitkan izinnya pun kalau tidak salah adalah IMB Kawasan. Menurut saya, itu justru langkah yang tepat. Karena ini meneruskan apa yang sudah dilakukan Pak Jokowi sebagai gubernur pendahulunya dengan menerbitkan KTP," ujar Nurcahyo saat dihubungi, Rabu 8 Maret 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Rumah warga utuh meskipun dekat dengan lokasi kebakaran depo pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Kebijakan yang dilakukan Jokowi soal memberikan KTP bagi warga di sekitar Depo Pertamina Plumpang merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan hak setiap masyarakat memiliki kartu pengenal sesuai dengan domisili.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"KTP dari Jokowi, IMB dari Anies. Itu tanda Jokowi (dan) Anies sevisi dalam rangka kepentingan rakyat. Janganlah menjadi polemik sehingga terkesan tidak berempati bagi yang terkena musibah," katanya. 

Pengurus Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), RW 09, Tanah Merah, Frengky Mardongan, menyebut warga kampung Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, menerima KTP pada era Jokowi menjadi gubernur DKI Jakarta.

Pada saat sebelum Jokowi memimpin Jakarta, penduduk yang tinggal di kampung Tanah Merah Bawah tidak mempunyai KTP sesuai dengan domisili. Setelahnya, warga Tanah Merah Bawah melakukan kontrak politik dengan Jokowi pada saat sebelum menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Jadi pak Jokowi menandatangani kontrak politik itu kalau beliau menang, dia akan memberikan KTP sesuai domisili, baru RT RW di sini diresmikan setara dengan wilayah yang lain, sehingga, pada 2013, Tanah Merah ini memiliki KTP, dan RT RW yang resmi yang sama dengan lain di Jakarta," katanya.

Pada tahun 2017, sebelum Anies Baswedan menjadi gubernur DKI Jakarta, warga Kampung Tanah Merah Bawah melakukan kontrak politik untuk memperjuangkan haknya dengan memperoleh IMB. "Nah, dari sana setelah beliau menang, beliau mencoba bangun dengan kajian-kajian," kata dia.

Setelah mendapat IMB, para warga Kampung Tanah Merah Bawah bisa menikmati fasilitas umum berupa air bersih dan kebutuhan infrastruktur menjadi layak. "Intinya, IMB kawasan sementara itu kami sebagai masyarakat tanah Merah bisa mendapatkan pelayanan air bersih. Jalan-jalan kami, infrastruktur kami, menjadi layak, itu kebutuhan kami," katanya.

Depo atau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Koja, Jakarta Utara, milik PT Pertamina (Persero) kebakaran pada Jumat malam, 3 Maret 2023. Polisi masih menginvestigasi penyebab kebakaran yang menewaskan belasan orang dan melukai puluhan warga lainnya itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya