Jelang Ramadan, Jemaah Umrah di Bandara Soetta Diprediksi Meningkat 20 Persen

Terminal 2 F Bandara Soetta.
Sumber :
  • Sherly / VIVA.

VIVA Metro – Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta meningkatkan layanan keimigrasian jelang adanya lonjakan pada ibadah umrah di bulan ramadan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Hal ini melihat dari tahun-tahun sebelum pandemi, di mana momen ramadan menjadi salah satu waktu yang ditunggu-tunggu umat Islam untuk memperbanyak kegiatan ibadah, di antaranya umrah.

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soetta, Uchky Aditya mengatakan, biasanya pergerakan jemaah umrah di bulan suci ramadan akan mengalami lonjakan. Untuk mengantisipasi itu, pihaknya pun meningkatkan sejumlah layanan.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

"Animo masyarakat dalam melaksanakan umrah di bulan ramadan umumnya meningkat, kita prediksi meningkat 15 persen. Sehingga kami menyiapkan berbagai kebutuhan dalam pemeriksaan keimigrasian para jemaah," katanya.

Jemaah umrah. Foto ilustrasi.

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Berdasarkan data perlintasan TPI Soekarno-Hatta, terdapat 25.104 jemaah umrah melintas sepanjang tanggal 26 Februari hingga 4 Maret 2023. Pekan sebelumnya pada tanggal 19 – 25 Februari 2023 terdapat 24.457 orang tercatat melintas berangkat. 

Dari data tersebut sudah nampak kenaikan di akhir bulan lalu. Yang mana, diprediksikan kenaikan akan mencapai 15 sampai 20 persen saat bulan ramadan.

Melihat data itu, salah satu kesiapannya dengan menyediakan autogate yang mampu meringkas waktu pemeriksaan keimigrasian. Dengan teknologi terkini, para calon jemaah bisa menggunakan layanan canggih ini dalam beberapa menit, sehingga mempersingkat antrean atau waktu tunggu.

"Kita hadirkan sistem autogate di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dalam rangka peningkatan pelayanan, lalu kami juga telah melakukan sinergitas dengan berbagai stakeholder di bandara demi melancarkan proses penerbangan umrah di bulan ramadan nanti," ujarnya.

Sinergitas itu salah satunya dilakukan dengan Angkasa Pura II, sebagai penyedia dan operator mesin autogate. "Dengan peningkatan layanan yang sudah kita siapkan jauh-jauh hari ini, saya harap pada saat pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya