Ini yang Wajib Dibikin di Depo Pertamina Plumpang Biar Warga Tak Kena Bahaya

Situasi terkini usai kebakaran depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

VIVA Metro – Pengamat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Juwari menilai, keberadaan buffer zone Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara sangat dibutuhkan.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Dia menilai, terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau kilang memiliki potensi bahaya sangat besar. Bahkan, area penyangga tersebut juga bisa melindungi masyarakat jika terjadi kebakaran dan ledakan pada objek vital nasional (Obvitnas) tersebut.  

Foto Udara Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

“Intinya buffer zone sangat diperlukan. Karena potensi bahaya (di TBBM dan kilang) pasti ada, mulai dari bahaya ringan hingga bahaya yang tinggi risikonya. Dan jika terjadi ledakan, diharapkan efek ledakan hanya sampai buffer zone, tidak sampai ke penduduk,” kata Juwari, Selasa 14 Maret 2023.

Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FT-IRS) ITS ini menerangkan, bahaya ringan bisa bersumber dari kebocoran BBM dalam jumlah kecil yang kemudian menyebar (terdispersi). Namun, bahaya kecil tersebut bisa menjadi risiko sedang dan besar, jika kebocoran cukup banyak sehingga menyebar ke wilayah yang cukup luas.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Juwari menjelaskan, penyebaran minyak akan menjadi penyebab kebakaran jika sudah mencapai komposisi yang mudah terbakar dan ada pemantik. Dia menyebutkan sumber pemantik antara lain motor yang lalu lalang. Bahkan, jika sudah masuk wilayah perumahan, sumber pemantik akan semakin banyak, seperti kompor di dapur atau warung-warung.  

“Jika terdapat buffer zone tentu diharapkan akan memiliki waktu yang cukup sebelum mencapai perumahan.  Karena biasanya terdapat  warning berupa sinyal dari sensor flammable cloud  yang berbunyi,” ucap Juwari.

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Juwari menambahkan, kebakaran bisa menjadi penyebab ledakan jika mencapai tangki timbun. Ledakan tersebut bisa merusak pagar jika kekuatan pagar lebih rendah dari kekuatan ledakan. Dia menjelaskan, dengan adanya buffer zone inilah diharapkan, efek ledakan hanya sampai area penyangga dan tidak berdampak ke penduduk. 

Menurut Juwari, saat ini sudah terdapat software yang bisa memprediksi luasan area penyangga. Piranti lunak tersebut akan mensimulasikan seberapa luas area terdampak jika berada pada kondisi terburuk (ledakan tangki). 

Diketahui, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji menyebutkan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, korban jiwa akibat kebakaran depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara menjadi 21 orang. 

Warga melintas di lokasi kebakaran depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

"Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, hingga pukul 18.00 WIB, korban meninggal 21 jiwa. Sedangkan, sebanyak 24 orang sedang dalam penanganan tim medis di empat rumah sakit," kata Isnawa, di Jakarta, Senin, 13 Maret 2023. 

Jumlah korban bertambah setelah seorang pasien yang menjadi korban luka bakar dan dirawat di Rumah Sakit YARSI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, atas nama Rido Romadhona (36) dinyatakan meninggal dunia pada Minggu Siang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya