5 Fakta Mundurnya Kuncoro Wibowo Dari Dirut Transjakarta

Kuncoro Wibowo
Sumber :
  • Twitter: M Kuncoro Wibowo

VIVA Metro– Kuncoro Wibowo mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) per Senin, 13 Maret 2023.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Kabar tersebut dibenarkan Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Manuara Siahaan. Meski begitu, Maruarar menyebut tidak tahu detail terkait Dirut Transjakarta mundur.

Transjakarta.

Photo :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa
Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

"Iya, betul ada informasi seperti itu (M. Kuncoro Wibowo mundur dari Direktur Utama PT Transjakarta). Saya enggak tahu resminya seperti apa, tapi informasinya begitu," kata Maruara kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin 13 Maret 2023.

1. Hanya Menjabat Selama Dua Bulan

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Pengunduran diri Kuncoro mengagetkan publik. Pasalnya, ia baru saja menakhodai BUMD bidang transportasi DKI itu pada Januari 2023 atau dua bulan yang lalu.

Kuncoro menggantikan posisi Mochammad Yana Aditya sejak 11 Januari 2023. Saat itu, Kuncoro ditunjuk oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menggantikan posisi Yana.

Sebelum bergabung dengan perusahaan bidang transportasi itu, Kuncoro pernah bekerja di PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai Direktur Komersial dan Teknologi Informasi serta Direktur SDM, Umum, dan Teknologi Informasi.

2. Pencekalan dari KPK

Logo KPK

Photo :

Pencekalan KPK terhadap Kuncoro ini berlangsung selama 6 bulan ke depan. Hal ini pun diungkap oleh Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh.

"WNI (Warga Negara Indonesia) atas nama Muhammad Kuncoro Wibowo tercantum dalam daftar pencegahan (pencekalan) usulan KPK berlaku 10 Februari 2023 sampai dengan 10 Agustus 2023," ujar Saleh dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (14/03/2023) kemarin.

3. Pencekalan KPK Dilakukan 3 Hari Sebelum Pengunduran Diri

Kuncoro Wibowo

Photo :
  • Twitter: M Kuncoro Wibowo

Fakta lain mengungkap bahwa pihak KPK secara resmi telah memasukkan nama Kuncoro Wibowo dalam daftar orang yang dicekal tepat 3 hari sebelum pengunduran diri Kuncoro, yaitu tanggal 13 Maret 2023 kemarin.

KPK sendiri telah mengumumkan pencekalan terhadap Kuncoro sejak 10 Maret 2023, namun pihak Imigrasi telah menetapkan pencekalan dilakukan sejak 10 Februari 2023 lalu.

4. Diduga Jadi Tersangka Kasus Korupsi Bansos

Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo mengunjungi salah satu UMKM mitra BGR di Pulogadung.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

KPK belum mengungkapkan lebih banyak soal uraian perbuatan para tersangka serta banyak pasal yang disangkakan kepada mereka. Hanya saja, Ali menegaskan untuk segera membeberkan hal tersebut ke publik.

"Ketika penyidikan ini kami anggap telah tercukupi untuk mengumpulkan alat buktinya maka identitas dari para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, kronologi dugaan tindak pidana sekaligus pasal yang disangkakan akan kami umumkan ke publik," tutur Ali.

5. Kata Heru Budi

Di sisi lain, Pj Gubernur Heru Budi baru mengetahui soal referensi diri Kuncoro, namun belum mengetahui soal pencekalan tersebut.

"Katanya (Dirut Transjakarta) ngundurin diri. Kalau orang mau ngundurin diri enggak apa-apa," ungkap Heru Budi di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

He Budi pun mengungkapkan bahwa keluhan mendengar alasan dari referensi diri Kuncoro karena masalah kesehatan.

Teka teki soal referensi diri dan pencekalan Kuncoro Wibowo ini pun masih menjadi pertanyaan besar di masyarakat. Pihak KPK pun diminta untuk segera menggelar konferensi pers terkait status dan kejelasan pencekalan Kuncoro Wibowo ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya