Polisi Ungkap Alasan Lakukan Tilang Manual Lagi

Ilustrasi kamera ETLE
Sumber :
  • Korlantas Polri

VIVA Metro - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengungkap alasan tilang manual kembali diberlakukan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

DJ East Blake Ditangkap Polisi, Penyebabnya Gegara Sebar Foto Porno Eks Kekasih

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Jhoni Eka Putra mengatakan, salah satu alasannya lantaran banyak pelanggaran yang tidak bisa ditindak lewat sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Sekarang kan banyak melanggar atau yang tidak ter-cover oleh ETLE. Atau yang membahayakan pengendara baik dirinya atau orang lain. Kalau tidak ada ETLE kan bisa dilakukan penindakan manual," kata Jhoni kepada wartawan, Senin 15 Mei 2023.

Korlantas Minta Pelat Nomor Dinas Lembaga Tercatat di Database Polri

Meski begitu, Jhoni mengklaim pihaknya masih mengutamakan penindakan lewat kamera ETLE. Dia bilang tilang manual cuma diterapkan pada wilayah yang belum terjangkau ETLE saja. 

Polisi lalu lintas melakukan sosialisasi e-tilang atau ETLE.

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon
Pembunuh Wanita Dalam Koper di Cikarang Gasak Rp 43 Juta Punya Korban Buat Biaya Nikah

Mantan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Kota Depok itu mengatakan di beberapa tempat yang tak didukung oleh ETLE bakl diberlakukan tilang manual.

"Di tempat yang tidak didukung ETLE, kita melakukan tilang manual," katanya.

Larangan tilang manual sebelumnya diinstruksikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada jajaran kepolisian pada 25 Oktober 2022. Dia menegaskan tilang akan menggunakan ETLE.

Menurut Listyo, tilang manual dilarang menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi kepada jajaran Polri pada 14 Oktober 2022. Untuk mendukung kebijakan itu, akan ada ribuan kamera ETLE yang dipasang di jalanan.

Namun, dalam perkembangannya, saat ini ada fenomena masyarakat yang nakal dengan mengganti pelat nomor kendaraannya. Cara itu untuk mengakali tilang ETLE yang memasang kamera di jalanan. Hal itu mungkin yang jadi alasan polisi kembali memberlakukan tilang manual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya