DPRD DKI Yakin Tarif Bus Transjakarta ke Bandara Soetta Rp 3.500 Tak Bebankan Subsidi Tiket

Busway / Transjakarta
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi yakin tarif layanan bus Transjakarta yang melayani rute Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak akan membebani subsidi tiket yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI setiap tahun. 

Tekan Emisi Karbon, Kementerian Investasi dan VKTR Hibahkan 3 Bus Listrik ke UGM

Diketahui, tarif layanan bus Transjakarta dengan rute Bandara Soetta ini masih menggunakan subsidi sehingga hanya dikenakan biaya Rp3.500 sekali perjalanan.

"Enggak lah," kata Prasetyo kepada wartawan, Selasa, 20 Juni 2023.

Begini Alur Pengenaan Pajak Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri

Transjakarta.

Photo :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

Prasetyo lantas menyambut baik rencana operasional bus Transjakarta yang melayani rute Bandara Soetta. Menurut dia, layanan ini tentu akan memudahkan pergerakan masyarakat.

Bea Cukai Tegaskan Tak Ada Batasan Barang Bawaan Penumpang

"Baik-baik saja, mempermudah masyarakat datang ke sana daripada naik mobil ya. Tapi kan harus diatur dengan sistem yang benar dulu," ujarnya. 

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, pihaknya akan memantau hasil uji coba layanan bus Transjakarta rute Bandara Soetta. Rencananya, uji coba akan dilakukan pada Juli 2023. "Uji coba dulu, hasilnya gimana, nanti kita konfirmasi lagi sampai maksimal," kata Prasetyo. 

Sebelumnya diberitakan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan tarif Transjakarta dalam layanan rute baru menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) juga masih menggunakan subsidi sehingga tarifnya sebesar Rp 3.500.

"Iya (Rp 3.500). Ya bagian dari tugasnya Transjakarta kan melayani penduduk Jakarta," ujar Heru pada wartawan di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Jumat, 16 Juni 2023.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menjelaskan uji coba Transjakarta dari terminal Kalideres menuju Bandara Soetta itu masih dalam tahap perencanaan. "Ya nanti masih dicek dulu, perkembangannya saya tanya Dinas Perhubungan dulu," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan, tarif yang akan dikenakan dalam layanan bus Transjakarta rute Bandara Soetta itu belum tentu sebesar Rp 3.500.

Perbedaan tarif itu terjadi karena tarif layanan bus Transjakarta sebesar Rp 3.500 yang berlaku saat ini merupakan harga subsidi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini karena masih dihitung, ini akan kami kaji dari sisi layanan. Jika layanan Rp 3.500 itu tentu skema subsidi. Tapi dari sisi jaringan dan lain sebagainya harus dilihat," kata Syafrin kepada wartawan, Rabu, 14 Juni 2023.

Syafrin menyebutkan, perhitungan tarif layanan bus Transjakarta ke Bandara Soetta harus dikaji lebih dalam. Sebab, layanan dengan rute baru ini hanya dipergunakan untuk karyawan di lingkungan bandara. "Ini juga jadi faktor penentu dan kemudian pada saat kajian sudah lengkap ini akan diumumkan," katanya.

Syafrin menargetkan rute layanan bus Transjakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ditempuh maksimal 90 menit. "Maksimum 90 menit dengan tingkat kepadatan yang ada sekarang," ujarnya.

Kendati demikian, pihak Syafrin akan menetapkan waktu tempuh layanan bus Transjakarta menuju Bandara Soetta itu pada saat uji coba nantinya. Uji coba itu dilakukan pada awal bulan Juli 2023 dengan 15 unit bus diberangkatkan dari terminal Kalideres menuju Bandara Soetta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya