Pemprov DKI Bakal Buat Tanggul di Kali Baru Kramat Jati Guna Atasi Banjir

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono memberikan keterangan kepada media di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Luthfia Miranda Putri

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan segera membuat tanggul di Kali Baru, Jalan Raya Bogor, Kramatjati, Jakarta Timur, sebagai salah satu penanganan banjir di kawasan itu.

Gunung Lewotobi Erupsi Dua Kali pada Jumat Dini Hari, Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 2 Km

Namun, Heru Budi belum mengetahui tingkat efektivitas tanggul untuk penanganan banjir. "Ya kalau gak salah saya cek di dinas SDA ada tanggul dan kita ada pompa mobile, bisa sementara. Nanti saya pelajari dulu (tingkat efektivitas tanggul)," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 21 Juni 2023.

Tak hanya pembuatan tanggul di Kali Baru, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan pompa mobile untuk mengatasi banjir di Jalan Raya Bogor, Kramatjati, Jakarta Timur. "Kami juga ada pompa mobile yang bisa kita taruh di sana," katanya.

Banjir Bandang Terjang Melawi Kalbar, 700 KK dari 17 Desa Terdampak

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.

Heru Budi menyebutkan Pemprov DKI Jakarta juga akan memperbanyak waduk untuk mengatasi banjir. Tak terkecuali di sekitar Jalan Raya Bogor. 

Banjir di OKU Sumsel Rendam 10 Kelurahan, 1 Jembatan Gantung Putus dan 1.695 KK Terdampak

"Jadi akan ada program-program mengatasi banjir di Jakarta, kan ada. Berikutnya (penanganan) menambah waduk atau embung kecil," ujarnya.

Sebagai informasi, ramai di media sosial Instagram, sebuah video yang memperlihatkan air meluap di pasar induk sampai simpang Hek, Jakarta Timur pada Senin, 19 Juni 2023.

Video itu menjadi sorotan masyarakat karena viral diunggah oleh akun @jktinfo. Kawasan Hek diketahui menjadi langganan meluapnya air dan memang belum ada tanggul di sekitar kawasan Kali Baru, Kramat Jati, Jakarta Timur itu.

Adapun Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melalui akun instagramnya @dinas_sda mengaku akan segera melakukan pembebasan lahan dari bangunan pembantaran kali untuk membangun tanggul di Kali Baru.

"Dapat kami informasikan, diperlukan pembebasan lahan dari bangunan di bantaran kali agar pekerjaan perkuatan tebing di Kali Baru Timur dapat dilaksanakan, saat ini sudah dalam proses persiapan pekerjaan dan akan dikerjakan pada tahun anggaran 2023-2024," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya