PKS Minta JIS Segera Dibenahi Demi Bisa Gelar Piala Dunia U-17

Jakarta Internasional Stadium
Sumber :
  • Instagram: Anies Baswedan

Jakarta - Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli mengatakan, event piala dunia U-17 memang layak digelar di Jakarta Internasional Stadion (JIS). Menurut Taufik, JIS memang sudah dirancang untuk hal itu sejak era Anies Baswedan.

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Taufik juga menyebut JIS dibangun dengan mengusung konsep ecogreen, dan diklaim sudah dapat rekomendasi dari organisasi tertinggi sepak bola di dunia (FIFA).

"Saya kira sudah layak, dari awal kan dirancang untuk itu. Di zaman Anies Baswedan menjadi gedung ecogreen itu lah, kemudian airnya dia ada renewable water jadi ada banyak hal yang standarnya sudah sangat tinggi di sana. Kemudian ya itu masalah kemarin kan awalnya FIFA sudah memberikan rekomendasi tapi kemudian ada rekomendasi yang lain lewat PSSI," kata Taufik saat dihubungi, Selasa, 27 Juni 2023.

Alasan Cerezo Osaka Tolak Lepas Justin Hubner ke Indonesia U-23

Jakarta Internasional Stadium

Photo :
  • ist

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu menilai biaya yang dikeluarkan untuk membenahi JIS supaya layak menggelar pertandingan internasional pun lebih murah ketimbang membuat stadion baru. 

Elkan Baggott Dipastikan Tak Gabung Indonesia U-23

"Kalau memang misal ada yang kurang dan lainnya, yang kurang itu segera diperbaiki. Kan lebih murah," katanya.

Taufik merasa optimis jika seluruh poin yang jadi catatan PSSI itu dapat segera diselesaikan dalam kurun kurang dari lima bulan lagi.

"Jadi memperbaiki kekurangan atau tempat parkir atau kemudian lingkungan di sana, tentu kan bisa dilaksanakan seterusnya. Memperbaiki itu semua bisa lebih mudah dibandingkan membangun stadion besar lainnya," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebutkan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) memiliki kendala akses penonton dan area parkir yang terbatas, jika dipilih sebagai lokasi pertandingan sepak bola Piala Dunia U 17 2023.

"Stadion JIS juga pasti kita akan cek. Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang harusnya ada empat pintu, baru terbuka satu pintu. Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter," kata Erick saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Erick mengaku terbuka dengan arahan Presiden Joko Widodo yang memberi pilihan lokasi stadion selain Stadion Utama Gelora Bung Karno, termasuk JIS.

Namun di sisi lain, JIS memiliki kekurangan, yakni keterbatasan akses keluar-masuk untuk penonton sehingga dapat memengaruhi keselamatan dan keamanan penonton.

Selain itu, kekurangan JIS juga terdapat pada penggunaan rumput jahitan yang digunakan.

Oleh karena itu, Erick bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan meninjau langsung JIS untuk memastikan kelayakan stadion tersebut sesuai standar FIFA.

"Kira-kira kekurangan apa yang harus dilengkapi? Saya yakin tidak mungkin FIFA tidak bilang standarnya tidak masuk karena sesuatu hal yang politis, tidak. Tetapi memang standar harus diselaraskan," kata Erick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya