Bakrie Amanah Hadir di Depok Siap Bina UMKM Bertumbuh

Bakrie Amanah Hadir di Depok, Jawa Barat
Sumber :
  • Galih Purnama (VIVA)

Depok – Pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Kelurahan Meruyung, Depok mendapat pendampingan dan pembinaan Program Amanah Fund dari Bakrie Amanah. Sebanyak 10 pelaku UMKM di Kota Depok siap untuk dibina dan dibekali dengan keilmuan serta modal usaha yang mumpuni untuk bisa lebih bertumbuh. Program pembinaan Amanah Fund inisiasi Bakrie Amanah sebelumnya juga telah diresmikan di beberapa wilayah seperti Jakarta dan Bekasi.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Tingginya jumlah pelaku UMKM di Indonesia tidak terlepas dari berbagai tantangan yang ada, salah satunya adalah minimnya modal usaha. Hal ini yang membuat pelaku usaha UMKM terjerat pinjaman di bank keliling. Karena mereka harus melakukan bunga pengembalian pinjaman yang tinggi dan pembukuan usaha yang tidak tepat karena mencampur uang usaha dan pribadi.

Melihat perkembangan perekonomian di Indonesia saat ini kelompok pelaku UMKM inilah yang menjadi salah satu pilar penting dalam  tolak ukur kemajuan dan perkembangan perekonomian bangsa. Sehingga sebagai lembaga masyarakat Bakrie Amanah juga perlu untuk bisa membina masyarakat untuk bisa memiliki pendapatan yang bertumbuh.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Ani, salah satu penerima manfaat Program Amanah Fund dari Bakrie Amanah

Photo :
  • Galih Purnama (VIVA)

Ani, salah satu penerima manfaat Program Amanah Fund mengatakan, dia sudah mengelola usaha warung di rumahnya selama 4 tahun. Dia adalah seorang ibu rumah tangga yang juga mengelola usaha di rumah. Selama empat tahun, Ani mengaku pendapatannya tidak menentu, bahkan lebih sering minus. Hal ini bisa disebabkan karena tidak adanya pembukuan keuangan yang jelas dan juga pencatatan arus modal sehingga tidak terukur dengan rapih.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

“Saya sangat berharap bisa lebih teredukasi lagi mengenai pembukuan dan percatatan keuangan. Agar perputaran modal warung bisa lebih jelas. Selain itu juga saya menginginkan adanya penataan ulang untuk bisa membantu dagangan di warung semakin laris dan berjalan lancar karena adanya pengemasan dari segi tata letak warung,” kata Ani.

Di tempat yang sama, Lurah Meruyung, Asep Suherman mengatakan sangat antusias dengan kehadiran Bakrie Amanah di kelurahannya. Menurutnya program ini sangat membantu untuk meningkatkan literasi para pelaku UMKM untuk bisa lebih bertumbuh secara pencatatan keuangan.

"Terima kasih Bakrie Amanah yang sudah menyelenggarakan Program Amanah Fund untuk warga di wilayah meruyung, Semoga ini menjadi titik balik semangat UMKM di sini untuk lebih maju lagi,” katanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya