PKS Dukung Jokowi Usulkan JIS Digunakan Piala Dunia U-17: Biayanya Besar, Rugi Nggak Dipakai

Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Jakarta – Jakarta International Stadium atau JIS, yang berada di Jakarta Utara, diusulkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia U-17 akhir tahun ini. Usulan Kepala Negara, direspon positif oleh Fraksi PKS DPR DKI Jakarta.

PKS Mengaku Siap Hadapi Koalisi Enam Partai di Pilkada Depok 2024

Sekretaris Fraksi PKS, Muhammad Taufik Zoelkifli, menilai JIS siap digunakan untuk event pergelaran piala dunia U-17 mendatang. Dia menyebut JIS memang sudah layak untuk digunakan dalam perhelatan dunia, bahkan termasuk untuk kompetisi liga. 

"Saya mendukung penuh, bukan hanya U-17, tapi mulai lah aktivasi pertandingan yang lain, liga-liga lain segala macamnya. Pakai saja, itu sudah biaya kan besar ya jadi rugi kalau enggak dipakai," kata Taufik saat dihubungi, Jumat, 30 Juni 2023.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Papan penunjuk zona di Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • ANTARA/Abdu Faisal

Anggota komisi B DPRD DKI Jakarta itu juga mengatakan, PT Jakarta Propertindo dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, juga harus ikut membenahi persoalan yang menjadi kendala di JIS. Apa yang kurang bisa dilengkapi, sehingga memenuhi standar yang telah ditentukan.

PSSI Minta Maaf Usai Komentar Rasis Serbu Instagram Federasi Sepakbola Guinea

"Kemudian tentang akses memang belum dibuka pintu-pintu lain. Katanya baru satu pintu karena belum dibuka yang lainnya, dan tentang akses-akses ke situ memang harus diperhatikan, lingkungan nya seperti apa.  Maksudnya perbaikannya perbaikan lingkungan yang di luar JIS itu ya," katanya.

Taufik juga menyebut kendala akses itu harus segera diperbaiki demi jalannya event bertaraf Internasional itu. 

"Jadi kalau misalnya mau diperbaiki silahkan, harus diperbaiki, segera diperbaiki. Tapi perbaikannya bukan renovasi, kalau renovasi itu kesannya mengubah ulang," katanya.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merespons soal catatan untuk Jakarta Internasional Stadium (JIS) dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo yang berupa akses ke JIS yang susah.

Pemprov DKI berjanji akan memperbaiki akses pengunjung yang akan ke JIS. "Aksesnya nanti kita perbaiki," ujar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 28 Juni 2023.

Mantan wali kota Jakarta Utara itu akan menambah akses pengunjung ke JIS. Terkait dengan rencana perbaikan itu, Heru akan menyampaikan detailnya bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam waktu dekat.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, bakal segera merenovasi Jakarta International Stadium (JIS) sesuai kebutuhan. Hal itu dalam rangka menyambut gelaran Piala Dunia U-17, yang rencananya bakal dihelat pada 10 November 2023 sampai 2 Desember 2023 mendatang.

Mengenai aspek mana saja yang masih perlu dibenahi dari Stadion JIS, Basuki mengatakan bahwa saat ini untuk jalur akses dan parkir masih menjadi masalah utama, yang perlu diperhatikan dalam rencananya merenovasi stadion tersebut.

Dia mengatakan, hal itu antara lain dapat dilihat dari penyelenggaraan konser musik sejumlah musisi tanah air beberapa waktu lalu, dimana banyak penonton yang mengalami kesulitan untuk pulang dari JIS usai acara tersebut.

Meski demikian, Basuki memastikan akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengenai rencana renovasi Stadion JIS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya