3 Posisi di Satpol PP Boleh Pakai Senjata Api

Gladi HUT Satpol PP di Silang Monas
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Peraturan Menteri Dalam Negeri yang baru dikeluarkan justru untuk mengurangi peredaran senjata api di kalangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Hanya tiga posisi yang diperkenankan membawa senjata api, sisanya harus lewati izin Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 tahun 2010 tentang Penggunaan Senjata Api bagi Satpol PP, anggota yang diperbolehkan menggunakan senjata api hanya tiga posisi.

Tiga jabatan yang diperkenankan memegang senjata yakni, Kepala Satpol PP, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Operasi. Dalam Peraturan baru, jenis senjata yang diizinkan hanya ada tiga yaitu senjata peluru gas, semprotan gas dan alat kejut listrik.

Bila ada anggota Satpol PP DKI yang bisa menggunakan ketiga senjata api harus mendapatkan izin dari Badan Intelijen Negara. Kemudian ditambah izin atau rekomendasi dari Kapolda Metro Jaya dan Mendagri.

"Saat ini yang masih memegang senpi (senjata api) revolver hanya Kepala Satpol PP Kotamadya dan Kasie Operasional. Sedangkan kepada bidang di kotamadya dan provinsi sudah tidak lagi memegang senjata itu," kata Kepala Satpol PP DKI Effendi Anas, Jakarta, Rabu 7 Juli 2010.

Saat ini, sedang dilakukan penarikan seluruh senjata api. Seluruh senjata api yang ditarik akan disimpan di brankas dan tidak akan digunakan. Namun tetap disimpan karena merupakan aset Pemprov DKI karena dibeli dengan alokasi dana dari APBD DKI.

Anas juga menegaskan tidak akan mengajukan anggaran untuk pembelian senjata dalam APBD tahun ini maupun APBD tahun 2011. "Belum perlu kami menganggarkan itu. Kami akan memberdayakan senpi yang sudah kami miliki. Itu sudah cukup," tegasnya. (adi)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024