Polisi Selidiki Kemungkinan Unsur Pidana Kebakaran Museum Nasional

Kebakaran Museum Nasional.
Sumber :
  • Andrew Tito/VIVA.

Jakarta - Penyelidikan terkait kebakaran yang terjadi di Museum Nasional atau yang biasa dikenal Museum Gajah terus dilakukan. Polisi menyatakan, kini tengah mendalami terkait adanya dugaan unsur pidana dalam peristiwa itu

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

"Pasti, kami pastikan proses hukum akan ditegakkan manakala ditemukan adanya potensi-potensi, hal-hal yang memang mengarah pada perbuatan pidana," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin kepada awak media Minggu, 17 September 2023.

Komarudin mengatakan, pihaknya juga belum dapat menyimpulkan penyebab pasti penyebab kebakaran yang melanda Museum Nasional.

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

"Dugaan belum, kita belum sampai pada dugaan. Tim masih bekerja untuk mencari, dugaan titik pertama penyebabnya nanti apakah korsleting, atau apa, ini masih sangat-sangat bias," ujarnya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komaruddin

Photo :
  • Antara
72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Namun, pihaknya telah mengamankan sebuah barang bukti, yakni CCTV di lokasi kejadian. "(CCTV) iya ada, sudah di beberapa titik yang diamankan. Untuk pastinya nanti setelah terkumpul ya," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di Museum Nasional atau yang biasa dikenal Museum Gajah. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat mengerahkan delapan unit mobil dan 32 personel untuk melakukan pemadaman.

"Total pengerahan unit dan personil ada delapan unit dengan 32 personil," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 16 September 2023.

Berdasarkan laporan sementara, kebakaran Museum Nasional terjadi sejak pukul 20.00 WIB, atau saat petugas menerima berita tersebut. Pengerahan awal dengan 7 unit mobil damkar dan 21 personil melakukan pemadaman sejak 20.09 WIB.

Sejumlah penumpang KM Bukit Raya yang masih bertahan di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Kamis 25 April 2024 malam.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Ribuan Calon Penumpang KM Bukit Raya Gagal Berangkat ke Surabaya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024