Libur Natal, Ganjil Genap Puncak Bogor Diberlakukan Selama 24 Jam Mulai Besok

Ganjil genap di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

Bogor - Kebijakan ganjil genap (gage) bakal diterapkan di Jalur Puncak, Bogor selama libur Natal. Kebijakan berlangsung selama 24 jam terhitung sejak Jumat, 22 Desember sampai Selasa, 26 Desember 2023.

Catat! Ada Pengalihan Arus di Sekitar MK Hari Ini Kalau Gak Mau Macet

"Iya (gage dimulai besok hingga tanggal 26)," ucap Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi Rizky Guntama kepada wartawan, Kamis 21 Desember 2023.

Kebijakan diprioritaskan khusus untuk kendaraan roda empat dan berlaku selama 24 jam. KBO Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto menyebut terkait rekayasa lalin lainnya yang bakal diterapkan mulai dari contraflow di sekitar Exit Tol Ciawi yang diberlakukan secara situasional.

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Gedung MK Jelang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Ganjil Genap di Puncak Bogor

Photo :
  • VIVA/ Muhammad AR

"Kemudian pembukaan jalur contraflow dari exit tol Ciawi sampai dengan Km 46.500 yang akan menuju maupun Ciawi," katanya.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Bukan cuma contraflow, polisi pun mempersiapkan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah atau one way. One way ini, kata dia, diterapkan secara situasional melihat volume kendaraan di jalur Puncak.

"Kemudian sistem buka tutup ataupun sistem one way baik ke arah Puncak atau dari Jakarta menuju Puncak, maupun dari Cianjur menuju ke Jakarta atau ke bawah. Itu dilaksanakan mulai dari 23-26, kemudian itu semuanya dilakukan dan dianalisasi secara situasional," kata dia.

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Polisi mencatat jumlah pelanggar aturan ganjil genap (gage) selama mudik lebaran cukup tinggi dan telah dikenai tilang elektronik. Bagi Anda yang kena, segera mengurusnya

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024