Polisi Amankan Solar Ilegal di Tengah Laut

Nelayan diamankan bersama bom ikan di perairan Makassar
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang

VIVAnews – Sebanyak 115 jerigen berisi 4.000 liter bahan bakar solar diamankan Direktorat Polisi Perairan (Dit Polair) Polda Metro Jaya dalam operasi di perairan Muara Kamal, Jakarta Utara.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Lima tersangka penyelundupan solar tersebut juga berhasil ditangkap. Kelimanya diringkus di perahu nelayan "Mustika Madu" ketika tengah menyeberangkan ratusan jerigen solar. Mereka adalah Taryani, Candra, Amin, Casmita, dan Rosid.

Pengungkapan kasus ini berawal dari patroli rutin petugas Direktorat Polisi Air di 0,5 mil sebelah Utara Perairan Muara Kamal, Jakarta Utara, pada Senin, 26 Juli 2010 lalu. Mereka melihat aktivitas awak perahu "Mustika Madu" yang mencurigakan.

Setelah itu, petugas mendekati perahu, lalu memeriksanya. Saat itulah, di dalam palka perahu ditemukan ratusan jerigen yang masing-masing berukuran 35 liter yang isinya minyak solar.

“Dari pemeriksaan, awak kapal mengakui solar itu didapat dengan cara membeli dari kapal di tengah laut. Dan BBM itu tidak dilengkapi dengan dokumen," kata Perwira Jaga Dit Polair Polda Metro Jaya, Inspektur Polisi Dua, Sudi Santoso, Selasa, 27 Juli 2010.

Menurut keterangan awak kapal, rencananya minyak solar akan dijual ke daerah Kamal Jakarta Utara dengan harga lebih mahal.

Saat ini, kelima tersangka dan barang bukti diamankan di kantor Dit Polair Polda Metro Jaya untuk penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya, tersangka dijerat KUHP pasal penadahan dan atau perniagaan. (umi)

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun saat memberikan keterangan pers Jendral TNI bintang dua gadungan.(B.S.Putra/VIVA)

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Pria berinsial JJ, mengaku sebagai anggota TNI pangkat Mayor Jenderal ditangkap saat mendatangi Markas Kodam I Bukit Barisan (BB). Ternyata TNI gadungan

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024