Foke: Pembatasan Motor Diterapkan 2010

Sepeda Motor
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo, berharap kebijakan pembatasan peredaran sepeda motor di jalur angkutan massal dan pada jam sibuk dapat diterapkan mulai 2010 ini.

"Gambaran saya dan para ahli. Untuk sementara waktu, nanti diterapkan pada peak hour  pagi dan sore," kata Fauzi di Balaikota, Rabu, 28 Juli 2010.

Aturan ini, menurut Foke, panggilan akrab Fauzi, terpaksa ditempuh pemerintah karena jumlah sepeda motor yang beredar di Jakarta semakin banyak sehingga ikut menyumbang kemacetan lalu lintas yang makin hari makin parah.

Ia menyebut, setiap harinya, jumlah sepeda motor baru bertambah sampai lebih dari 900 unit. Fauzi mengakui tidak bisa melarang anggota masyarakat membeli sepeda motor baru, tapi demi kepentingan pengguna jalan umum lainnya, “Saya punya kewenangan untuk mengatur itu (membatasi penggunaannya)."

Pembatasan peredaran kendaraan tidak hanya dilakukan bagi sepeda motor. Mobil juga kena aturan itu. Bahkan, selama ini, sudah diterapkan melalui three in one di sejumlah jalur utama ibukota.

Tetapi, kebijakan three in one ini dinilai Polda Metro Jaya tidak efektif lagi untuk membatasi jumlah kendaraan di jalan raya.

Saat ini, pemerintah Jakarta tengah mengkaji penerapan electronic road pricing (ERP) sebagai pengganti three in one. Selain itu, disiapkan juga sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerapkan ERP. Misalnya, pelayanan angkutan umum harus baik dari kualitas maupun kuantitasnya dan representatif sebagai angkutan umum kota.

Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar
Wang Deshun Kakek 87 Tahun yang Jadi Model di China

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Wang Deshun, seorang kakek berusia 87 tahun yang dikenal sebagai aktor dan model fashion, mencuri perhatian pada tahun 2015 dengan tampil di panggung catwalk.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024