Jelang Pemilu 2024, 1.500 WBP di Lapas Tangerang Lakukan Perekaman E-KTP

Perekaman e-KTP kepada WBP di Lapas Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Sejumlah persiapan terus dilakukan jelang pemungutan suara yang digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Salah satunya, perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

Pemerintah Kota Tangerang, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pun melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik terhadap 1.500 WBP di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas II A Tangerang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, perekaman KTP tersebut merupakan salah satu upaya pihak pemerintah, untuk memastikan hak pilih WBP dalam Pemilu 2024.

Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

"Kami berkomitmen untuk memastikan semua warga negara, termasuk WBP, dapat menggunakan hak pilih dan hak suaranya pada 14 Februari," katanya, Senin, 5 Februari 2024.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Tidak hanya itu, melalui perekaman tersebut pun, Pemerintah Kota Tangerang memastikan, Pemilu 2024 berjalan lancar dan demokratis, termasuk di lapas-lapas. Yang mana, hak untuk memilih turut diterima oleh warga binaan.

"Oleh karena itu, kami melakukan perekaman KTP elektronik bagi WBP yang belum memilikinya," ujarnya.

Selain itu, untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan aman, damai, jujur dan adil, jajaran Kepolisian Resor Metro Tangerang Kota turut berpartisipasi. Dalam hal ini, petugas keamanan pun melakukan koordinasi dengan tokoh agama untuk menjadi cooling system (penyejuk) di masyarakat.

Hal ini guna mewujudkan pemilu damai dan aman, tanpa hoax dan permusuhan meski berbeda pilihan politik. "Harus saling menghargai sehingga tidak terjadi perpecahan dan kita harus menjaga kamtibmas tetap dingin dan sejuk," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya