Dukung Palestina, Aqua Ambil Bagian Meriahkan Acara 'Run For Palestine' di GBK

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional, Baznas, menggelar kegiatan 'Indonesia Run For Palestine' di sekitar kawasan Senayan, Jakarta Pusat, yang diikuti sekitar dua ribu lebih masyarakat pada Minggu pagi, 25 Februari 2024.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Baznas menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag), beserta sejumlah sponsor lainnya, guna menggelar acara lari pagi mendukung perjuangan bangsa Palestina tersebut.

Vice President (VP) General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, mengatakan sebagai perusahaan yang senantiasa mendukung hidup sehat melalui olahraga dan hidrasi sehat, Danone-AQUA ikut ambil bagian dalam kegiatan Run for Palestine ini. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

"Kegiatan ini sejalan dengan komitmen Danone-AQUA yang menentang segala bentuk agresi termasuk agresi Israel di Gaza, dan mendukung upaya pemerintah mendukung Palestina," ujar Vera Galuh dalam keterangannya, Minggu, 25 Februari 2024.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh, mewakili Menpora Dito Ariotedjo, turut membuka dan melepas para peserta lari tersebut. Dia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lari santai ini. Menurutnya, kehadiran ribuan peserta ini menunjukkan posisi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

"Olahraga adalah bahasa yang universal untuk mengekspresikan sebuah hajat dan tujuan. Dan hari ini kita berkumpul, lari, dalam rangka memberikan dukungan moral finansial, dan juga spiritual bagi kemerdekaan Palestina," kata Asrorun.

Dukungan ini menurutnya memiliki makna untuk proses perwujudan perdamaian atau kemerdekaan Palestina. Utamanya di tengah kondisi saat ini, di mana masyarakat Palestina masih berada dalam penindasan, penjajahan, genosida dan juga agresi dari Israel.

"Saya mengucapkan selamat berolahraga kepada para peserta. Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat baik dari segi olahraga maupun segi kemanusiaan yang universal," ujarnya.

Diketahui, rute yang ditempuh para peserta lari yakni berada di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK), dengan jarak mencapai 5,5 km. Beragam doorprize diberikan selepas lari kepada para peserta yang beruntung, dengan hadiah utama berupa umrah.

Ketua Baznas RI, Noor Achmad mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung aksi kemanusiaan, dan menggalang donasi bagi Palestina dengan kegiatan utamanya berupa Fun Run.

“Ini bukan olahraga biasa, tetapi ini adalah bentuk kepedulian untuk saudara-saudara kita di Palestina," ujarnya.

Danone Indonesia baru-baru ini sudah menyalurkan bantuan kemanusaan melalui Baznas RI sebasar Rp 500 juta untuk warga Palestina. Danone Indonesia juga sempat menyerahkan bantuan langsung kepada kedutaan besar Palestina di Indonesia sebesar Rp 630 juta yang diterima langsung oleh wakil Duta Besar Palestina, Ahmed Metani. Dalam beberapa sumbangan yang diberikan Danone Indonesia untuk warga Palestina selalu melibatkan seluruh karyawan Danone Indonesia dan AQUA.

Selain itu, Danone Indonesia juga memberikan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina sebesar Rp 2 miliar melalui Lazis Muhammadiyah (LazisMU) dan Lazis Nahdlatul Ulama (LazisNU).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya