Kasus Tahanan Polsek Tanah Abang Kabur, Polda Metro Usut Dugaan Keterlibatan Oknum Polisi Lain

Sejumlah petugas Polsek Tanah Abang diperiksa akibat kasus 16 tahanan berhasil melarikan diri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta - Polda Metro Jaya mendalami dugaan adanya keterlibatan oknum polisi di balik kejadian kaburnya 16 tahanan Polsek Metro Tanah Abang.

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

"Ya itu kan ada peristiwa berapa tahanan yang melarikan diri, nah itu yang didalami. Siapa yang bertanggung jawab, siapa yang piket, tanggung jawabnya sejauh mana ini yang akan didalami," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi, Selasa, 27 Februari 2024.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini mengatakan, pihaknya masih menunggu sidang etik yang dilakukan Propam Polda Metro Jaya. Perihal mutasi Kapolsek dan Wakapolsek Metro Tanah Abang disebut dilakukan guna kebutuhan organisasi. "Sementara alasan mutasi adalah untuk kebutuhan organisasi," kata dia.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Ilustrasi tahanan kabur atau narapidana bebas

Photo :
  • Pinterest/Clker-Free-Vector-Images

Sebelumnya diberitakan, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, membenarkan bahwa Kapolsek Tanah Abang, Kompol Hans Philip Samosir, dan Wakapolsek, William Alexander, telah dicopot dari jabatannya.

Kasus Pria Ditemukan Tewas di Freezer Mobil Es Krim, Polisi: Diduga Terkunci dari Luar

Sebelumnya kedua polisi tersebut sempat diperiksa Propam, setelah kaburnya 16 tahanan dari Polsek Tanah Abang pada Senin dini hari, 19 Februari 2024 lalu.

"Kapolsek mutasi ke Polda. Wakapolsek ke Polres Jakpus," kata Kombes Ade Ary kepada media, Minggu, 25 Februari 2024.

Diketahui, kejadian kaburnya belasan tahanan Polsek Tanah Abang itu bermula dari Senin dini hari, 19 Februari 2024, dimana ke-16 tahanan berhasil meloloskan diri dengan menggergaji terali kamar mandi.

Aksi para tahanan itu mendapatkan bantuan dari Riski Amelia, yang merupakan istri dari salah satu tahanan yang kabur tersebut. Dia menyelundupkan gergaji. Saat ini Riski pun telah ditetapkan tersangka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya