Antisipasi Banjir Jakarta, Heru Budi Mau Bangun Pompa Air Baru di Kali Sunter

Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Landa Beberapa Titik di Jakarta (FOTO ILUSTRASI)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berencana membangun rumah pompa air baru di Kali Sunter pada 2025 mendatang. Rencana itu sebagai salah satu langkah mengantisipasi banjir di wilayah Jakarta.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Hal itu disampaikan Heru Budi usai meninjau Stasiun Pompa Ancol, Jakarta Utara imbas banjir yang melanda sejumlah titik di Ibu Kota pada Kamis, 29 Februari 2024.

"Jadi, evaluasinya 2025 nanti ditambahkan (pompa air) di Kali Sunter ya," kata Heru Budi kepada wartawan.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • Youtube

Heru mengatakan, rencana bangun pompa baru di Kali Sunter itu dilakukan untuk mengurangi beban air dan alirannya yang masuk ke Kali Ancol. Dia berharap, rencana ini bisa masuk ke dalam susunan dan anggaran program pada 2025 mendatang.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

"Dari hasil diskusi di lapangan memang beban Kali Ancol masih cukup tinggi. Jadi nanti 2025 akan dibikin program untuk pompa di Kali Sunter, untuk mengurangi beban di Ancol. Nanti dianggarkan di 2025. Hasil evaluasi kira-kira itu," jelas Heru.

Sejumlah ruas jalan Jakarta terendam banjir pada Kamis, 29 Februari 2024. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta per pukul 10.00 WIB, ada 34 titik atau ruas jalan yang terendam banjir imbas hujan deras.

"BPBD mencatat saat ini terdapat 34 ruas jalan tergenang yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BBPD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya.

Berdasarkan data BPBD DKI, titik banjir terbanyak ada di wilayah Jakarta Utara seperti Jalan Raya Gading Kirana, Kelapa Gading, Jakarta Utara dengan ketinggian 40 cm. Lalu, ada di Jalan Gaya Motor II, Jakarta Utara setinggi 50 cm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya