Pengembang: Tak Mungkin Taman Ria Jadi Mal

Maket Taman Ria Senayan dilihat dari arah Gatot Subroto
Sumber :
  • PT Ario Bimo

VIVAnews - Rencana pembangunan Taman Ria Senayan masih terkendala. Banyak pihak yang belum setuju kalau kawasan dijadikan areal komersil. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belakangan mengusulkan akan membuat taman interaksi.

Dengan kata lain, Taman Ria Senayan akan dijadikan sebagai hutan kota dan disatukan dengan kompleks Gedung DPR/MPR RI.

Menurut Kepala Dinas Pertamanan DKI Jakarta, Catharina Suryowati, usulan pembangunan taman interaksi karena jumlah taman di wilayah DKI Jakarta sangat sedikit. "Taman ini nantinya akan dibangun serupa dengan Taman Suropati, Taman Menteng, dan Taman Ayodya," ujarnya.

Sementara itu, Managing Director PT Ariobimo, Kurnia Ahmadi, mengaku bingung dengan perselisihan yang terjadi akibat rencana pembangunan kawasan Taman Ria Senayan.

Menurutnya, PT Ariobimo Laguna Perkasa sudah menyelesaikan seluruh perizinan baik dengan Setneg dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Kami merasa yang kami lakukan sudah sesuai dengan ketentuan," ujar Kurnia.

Perizinan dengan Pemerintah DKI telah diselsaikan sejak 2008. Mulai dari izin persetujuan persiapan pembongkaran sampai dengan IMB untuk membangun kontruksi secara menyeluruh.

Sementara untuk analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) PT Ariobimo Laguna Perkasa, sudah sampai pada persetujuan kerangka acuan (KA Amdal). Sementara untuk Amdalnya sedang dalam proses.

Menurut Kurnia, seluruh perizinan seluruh telah selesai dan perjanjian ini bukanlah hal baru dan telah disepakati sejak 2005 dan akan berakhir sampai 2027.

"Ini bukan hal baru, kami melanjutkan apa yang sudah ada," ujar Kurnia.

Hal ini kemudian yang menjadi pertanyaan bagi Kurnia. Padahal seluruh persyaratan telah dilakukan dan tidak ada hal yang aneh.

Saat perjanjian ini dibuat dengan Sesneg tidak pernah menduga hal ini akan terjadi. Padahal tidak ada dalam izin yang menyebutkan kalau kawasan itu akan dijadikan mal.

"Izinnya restoran dan playground. Tidak pernah berencana untuk membangun mal. Karena tidak mungkin dengan lahan itu dijadikan mal." tutup Kurnia.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024