Dishub Depok Akan Datangi PO Bus Lakukan Ramp Check Armada Mudik

Terminal bus Jatijajar, Depok, Jawa Barat diresmikan, Senin, 17 September 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan (Depok)

Depok – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok akan melakukan ramp check terhadap armada yang digunakan untuk mudik lebaran tahun 2024. Dishub Depok akan melakukan sistem jemput bola dengan mendatangi sejumlah perusahaan otobus (PO) di Depok.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

“Rencana H-7 akan kami jadwalkan untuk wilayah Kota Depok ada beberapa PO bus yang akan kita datangi untuk persiapan bantuan angkutan lebaran dengan cara mengecek kondisi kendaraan bus tersebut,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), Dishub Kota Depok, Hindra Gunawan, Rabu, 20 Maret 2024.

Ramp check dilakukan untuk mengetahui kesiapan armada yang digunakan saat mudik sehingga armada yang digunakan laik jalan dan keselamatan penumpang terjamin. Hindra mengatakan, sistem jemput bola dilakukan agar lebih efektif. Nantinya akan ada 500 petugas yang diterjunkan untuk pengecekan. Petugas akan mendatangi sejumlah PO bus yang ada di Depok.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Ilustrasi aktivitas saat mudik.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fauzan

“Target itu memang tidak ada tapi mengupayakan semua armada angkutan Ramadan itu laik jalan. Sementara PO Bus yang akan didatangi antara lain, PO Blue Star, PO Komara, PO Fajar Transportasi dan lainnya yang ada di Kota Depok,” ujarnya.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Ramp check merupakan pemeriksaan kendaraan secara visual dan fungsi dari alat pendukung pada kendaraan serta pemeriksaan surat administrasi kendaraan. Mulai dari administrasi Bukti Lulus Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Unsur teknis utama seperti sistem penerangan, pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan serta unsur teknis penunjang seperti pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, perlengkapan tanggap darurat,” ujarnya.

Hindra menuturkan, ramp check jemput bola ini dilakukan tanpa dipungut biaya. Tidak hanya sistem jemput bola, pihaknya juga sedang melakukan ramp check di Terminal Jatijajar.

“Layanan ini tanpa biaya baik yang di UPTD PKB dan saat jemput bola. Saat ini petugas kami juga sedang melakukan ramp check di terminal tipe A Jatijajar,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya