Selama Ramadhan 2024, Polisi Sebut Angka Kejahatan di Jaksel Menurun

Pelaku kejahatan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

JakartaPolres Metro Jakarta Selatan mengatakan bahwa tingkat kejahatan di sekitar wilayah Jakarta Selatan menurun selama bulan Ramadhan tahun 2024 ini. Hal tersebut jika dibandingkan dengan bulan Ramadhan tahun sebelumnya.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

"Untuk angka kejahatan di wilayah Jakarta Selatan selama bulan Ramadan ini Alhamdulillah mengalami penurunan," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Rahmat Idnal kepada wartawan, Jumat 22 Maret 2024.

Ilustrasi terjadi kejahatan

Photo :
  • Pexels
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Ade Rahmat menjelaskan bahwa penurunan angka kejahatan berdasarkan data yang ada yakni sebanyak 16%. Tindak pidana pada minggu ke-10 tahun 2024 berjumlah 200 kasus. Angka tersebut menurun pada minggu ke-11 menjadi 168 kasus. 

Tetapi, sejauh ini masih ada tindak pidana lainnya yang justru masih terjadi setiap tahunnya. Adapun kejahatan itu yakni berupa perang sarung.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

"Masih ada juga beberapa kejadian, seperti perang sarung, segala macam. Ada juga penggunaan petasan saat sahur," kata dia.

Selanjutnya, Ade Rahmat menjelaskan bahwa saat ini jajaran kepolisan sudah melakukan kegiatan imbauan kepada masyarakat hingga berpatroli berskala besar. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menekan angka kejahatan. 

"Kami himbau juga kepada para orang tua yang ada di wilayah Jaksel yang anaknya sering bermain di wilayah Jaksel seperti perang sarung dan lain hal sebagainya itu agar diingatkan sama-sama kita awasi dan kita menggandeng stakeholder terkait seperti Pemda dan Bhabinkamtibmas sama-sama kita melakukan patroli rutin untuk mencegah terjadinya kriminalitas di wilayah Polres Metro Jakarta Selatan," jelasnya. 

Lebih lanjut, Polres Metro Jakarta Selatan menindaklanjuti Maklumat Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto saat Ramadan. Dia mewanti-wanti akan menindak pihak yang melanggar aturan yang ada. 

"Tentu kita melakukan penindakan-penindakan terhadap yang melanggar maklumat tersebut. Contohnya yang kemarin sudah kita lakukan ada beberapa barang bukti motor. yang kita ambil tindakan yang melakukan kebut-kebutan pada malam hari menjelang sahur," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya