2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang – Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pemeriksaan kesehatan hewan ternak. Salah satunya masif melakukan vaksinasi hingga pemberian vitamin gratis dari satu peternakan ke peternakan lainnya.

Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun mengatakan pihaknya terus meningkatkan distribusi program vaksinasi penyakit mulut dan kuku serta vaksinasi.

Dimana, kata dia, pemerintah melalui tim yang diterjunkan melakukan pemberian vitamin dan vaksinasi terhadap 41 ekor sapi di Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh.

"Di tahun 2024 ini, DKP Kota Tangerang menargetkan vaksinasi PMK dan vaksinasi gratis ke 2.000 ekor sapi. Secara teknis, hal ini dilakukan berdasarkan permohonan para peternak dan diakomodir dengan dikirimkannya tim medis hewan secara gratis atau tanpa pungutan biaya," katanya pada Jumat, 19 April 2024.

Pemprov DKI Mulai Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)


Pemberian vaksinasi PMK dan vitamin, lanjut dia, merupakan hal yang sangat penting dilakukan dan ditingkatkan. Terlebih, proses ini menjadi salah satu langkah efektif dalam mengendalikan penyebaran PMK di Kota Tangerang.

"Ini hal yang penting, dan kami mengimbau para peternak di 13 kecamatan untuk memanfaatkan layanan vaksinasi PMK serta pemberian vitamin gratis ini dengan baik," ujarnya.

Untuk mendapatkan vaksinasi, peternak hanya perlu melakukan permohonan ke UPTD Puskeswan Kota Tangerang secara langsung melalui nomor 0813-9434-3260.

"Hanya perlu buat permohonan untuk bisa dapat layanan vaksin bagi hewan ternak, terutama sapi," ungkapnya.

Misteri Seorang Pria Nekat Gorok Leher Sendiri di Tangerang
Pengecekan lapak hewan kurban di kota tangerang

Jelang Idul Adha, Pemkot Tangerang Catat Kebutuhan Hewan Kurban Capai 18 Ribu Ekor

Kebutuhan hewan kurban  tahun 2024 mengalami peningkatan.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024