Jakarta Siagakan 46 Posko Kesehatan Lebaran

Masyarakat antre pelayanan di Puskesmas Kota Batu
Sumber :
  • Zainul Arifin | Surabaya Post

VIVAnews - Selain menyiapkan 6.114 bus untuk pemudik, pemerintah Jakarta juga menyiagakan 45 posko kesehatan. Lokasinya tersebar di terminal bus, bandara, dan stasiun kereta api.  Posko akan beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Jakarta, Dien Emmawati, menambahkan setiap posko kesehatan akan dibuka selama 24 jam, karena para petugas akan bertugas dalam tiga shift. Setiap shift terdiri dari empat petugas kesehatan.

“Sehingga paling tidak, untuk melayani kesehatan pemudik di 45 posko akan ada 540 petugas yang akan bertugas sebelum dan sesudah Lebaran,” kata Dien di Jakarta, Selasa, 17 Agustus 2010.

Adapun lokasi yang akan didirikan posko, yaitu Terminal Bus Senen, Terminal Bus Kampung Rambutan, Terminal Bus Rawamangun, Terminal Bus Lebak Bulus, Terminal Bus Pulogadung, Terminal Bus Tanjung Priok, Terminal Bus Pasar Minggu, Terminal Kalideres, dan Terminal Bus Pinangranti.

Sedangkan untuk bandara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusumah.

Sementara posko kesehatan di stasiun kereta api disiapkan di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Manggarai, Stasiun Kota, Stasiun Tanjung Priok, dan Stasiun Tanah Abang.

Jika di lapangan petugas kesehatan menemukan penyakit yang membutuhkan pelayanan setingkat rumah sakit, Dien mengatakan petugas telah menyediakan 17 rumah sakit rujukan untuk mereka.

"Semua biaya pengobatan ditanggung Dinas Kesehatan karena anggarannya bersumber dari APBD DKI," kata Dien. (umi)

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23
Ilustrasi jemaah umrah.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan pemegang berbagai jenis visa dapat melakukan ibadah umrah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024