Biaya Kemacetan di Jakarta Rp46 Triliun

Macet
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kemacetan lalu lintas dianggap lebih sulit dipecahkan dibandingkan dengan masalah krusial Ibukota lainnya, seperti banjir. Karena macet dihadapi warga setiap hari dan tidak mengenal waktu, berbeda dengan banjir yang akan diantisipasi saat musim hujan tiba.

Faktanya, pertumbuhan kendaraan bermotor pribadi makin tidak terkendali dan tidak ditunjang fasilitas angkutan umum massal yang memadai. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengaku masalah kemacetan di ibukota diakibatkan penggunaan ruang jalan yang tidak efektif dan efisien.

"Biaya kemacetan di Jakarta diperkirakan Rp46 triliun per tahun meliputi biaya bahan bakar minyak (BBM), operasional kendaraan, time value dan lainnya," ujar Pristono dalam acara diskusi 'Mengurai Infrastruktur Transportasi Jakarta' di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa 15 Maret 2011.

Menurut Pristono, salah satu solusi kemacetan tak bisa dipungkiri adalah menyediakan angkutan umum massal yang memadai, aman, nyaman, dan manusiawi. Angkutan umum sebagai tulang punggung, tambah dia, memerlukan dukungan kebijakan untuk mewujudkannya.

"Pemprov DKI menggunakan Pola Transportasi Makro (PTM) yang terdiri dari Pengembangan angkutan umum massal, pembatasan lalu lintas, dan peningkatan kapasitas jaring jalan," paparnya.

Dalam pengembangan angkutan umum massal, saat ini Jakarta tengah mengembangkan jaringan busway dan proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang ditargetkan mulai dibangun pada 2012 mendatang.

Peningkatan kapasitas jaringan terdiri dari pelebaran jalan, flyover dan underpass, dan pengembangan jaring jalan. Kemudian, pembatasan lalu lintas meliputi pembatasan kendaraan bermotor, Electronic Road Pricing (ERP), parkir, serta fasilitas park and ride.

Diskusi dihadiri pula Anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan Soejono, dan pakar transportasi Darmaningtyas.

Viral Video Kebersamaan Ira Nandha dan Elmer Syaherman, Netizen Kecewa: Udah Diselingkuhi, Rujuk
Ilustrasi sakit perut.

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Maag

Sakit maag adalah masalah umum yang seringkali membutuhkan perhatian khusus terhadap pola makan. Makanan tertentu dapat memperparah gejala maag dan mengganggu.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024