Lima Ikon Jakarta Dipadamkan Malam Ini

Bundaran Hotel Indonesia di malam hari
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta merupakan salah satu kota dari lima kota besar di Indonesia, yang mendukung aksi Global Earth Hour 2011. Bentuk partisipasi yang ditunjukkan Jakarta adalah meneruskan komitmen memadamkan lampu di lima ikon ibukota hari ini, Sabtu 26 Maret 2011, sejak pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB.

Lima ikon Jakarta yang akan dipadamkan penerangannya antara lain Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, Monas dan air mancurnya, air mancur Arjuna Wiwaha di dekat Indosat, Patung Pemuda, Gedung Balai Kota dan gedung-gedung pemerintahan terkait.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, mengatakan acara ini akan menghemat energi kota Jakarta hingga 120 mega watt dalam satu jam.

"Ini setara dengan mematikan satu pembangkit listrik atau menghemat 267,3 ton karbon CO2 dan secara nasional sudah bisa menghemat hingga 811 mega watt," ujar Fauzi Bowo di Jakarta.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Fauzi mengaku akan memulai gaya hidup cinta lingkungan berawal dari kantor Balaikota DKI Jakarta. Dalam waktu dekat, Balaikota DKI akan menjadi bangunan percontohan hemat energi atau green building.

"Selain itu, salah satu penghematan energi yang saya lakukan, kalau enggak ngantor, mobil saya kan mobil listrik. Itu otomatis menghemat listrik," ungkapnya.

Lima kota besar lainnya yang juga mendukung acara ini antara lain Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Puncak acara Earth Hour 60+ akan dilangsungkan di Balaikota DKI Jakarta, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dipastikan akan hadir dalam acara ini.

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali resmikan 2 Kapal Patroli PC 40 untuk TNI AL

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

Dua kapal perang jenis PC 40 itu diresmikan langsung oleh Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali di galangan Batam

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024