Penggelapan uang

Polri: MD adalah Manajer Citibank

Uang
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Penyidik Mabes Polri terus memeriksa MD yang menggelapkan dana Rp17 miliar lebih milik nasabah Citibank. MD diduga bisa melakukan aksinya dengan mulus karena jabatannya yang tinggi di bank swasta tersebut.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

"MD Salah satu manajer di situ (Citibank)," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 29 Maret 2011.

Namun, Anton tak menyebutkan MD bekerja sebagai manajer di Citibank mana. Yang jelas, kata Anton, MD berposisi sebagai manajer. "Tidak etis nanti kalau disebutkan tempatnya," kata dia.

Sebelumnya, Anton mengatakan wanita berusia 47 tahun itu dijerat dengan Undang-undang Nomor 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang. MD diduga sengaja melakukan kejahatannya dengan mengaburkan transaksi dan pencatatan tidak benar terhadap beberapa slip transfer penarikan dana pada rekening nasabahnya.

Sementara lebih dari Rp17 miliar dana nasabah Citibank telah digelapkan MD. Sejauh ini, penyidik Polri telah memeriksa saksi sebanyak 13 orang terdiri dari karyawan bank dan tiga korban selaku pelapor.

Penyidik, tambah Anton, telah menyita barang bukti berupa dokumen-dokumen transaksi, satu unit mobil Hammer warna putih dengan nomor polisi B 18 DIK yang telah dititipkan di rumah penitipan barang sitaan Jakarta Utara.

Sebelumnya, Director Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia, Ditta Amahorseya memastikan bahwa perusahaan berkomitmen melindungi kepentingan nasabah, termasuk secepatnya mengembalikan dana yang hilang.

"Kami telah menghubungi seluruh nasabah yang mungkin terkena dampak transaksi tidak sah ini," kata Ditta melalui keterangan tertulis.

Saat ini, menurut Ditta, MD sudah tidak lagi bekerja di Citibank. "Namun kami tetap bertanggung jawab," katanya. (SJ)

Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024