Foke Turun ke Lapangan Pantau UN Hari Pertama

Fauzi Bowo
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai hari ini, Senin, 18 April 2011 hingga Rabu, 20 April 2011. Di Ibukota Jakarta, UN akan diikuti sebanyak 53.937 siswa. Ada tiga mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Di hari pertama UN, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan melakukan pemantauan di sekolah-sekolah untuk melihat kesiapan siswa dan kelancaran distribusi soal. Beberapa sekolah yang akan didatangi Gubernur, yakni SMAN 13 Lenteng Agung, SMK 62 Jagakarsa, dan SMAN 109 Srengseng Sawah.

Terkait adanya kebocoran soal UN yang selalu terulang tiap tahun di Ibukota Jakarta, Kepala Dinas Pendidikan Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, menjamin itu tidak akan terjadi lagi tahun ini, mengingat semua proses berjalan sangat ketat.

Bahkan, lanjut Taufik, soal UN itu baru tiba ke sekolah-sekolah pada pukul 06.00 WIB tadi. Soal tersebut diambil pihak pengawas dari rayon terdekat di wilayah DKI Jakarta.

“Kita memberikan ke sekolah-sekolah itu pada hari Senin, pagi hari. Itu salah satu cara mencegah kebocoran soal,” kata Taufik.

Taufik juga memastikan proses percetakan soal-soal UN sudah selesai dilakukan kemarin dan sudah dimasukkan ke dalam boks-boks sesuai rayon dan telah tersegel. Hari Minggu, petugas dari PT Pos Indonesia telah mengantarkannnya ke 27 rayon yang ada di Jakarta.

"Keamanan soal UN ini juga diawasi oleh pengawas sekolah, termasuk dari perguruan tinggi,” katanya.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024