Mei, Sidang di Tempat Bagi Penumpang KA Nakal

Kereta Api
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Penindakan dengan sidang d itempat bagi penumpang kereta api yang berada di kabin masinis, atap kereta, lokomotif, sambungan gerbong atau penumpang yang berada dibagian kereta yang peruntukannya bukan untuk penumpang, akan diberlakukan oleh PT KAI mulai bulan Mei 2011.

Kahumas Dirjen Perkeretaapian, Muhartono, mengatakan, penertiban itu akan dilakukan bekerjasama dengan kejaksaan negeri, pengadilan negeri, dan polisi.

"Jumlah personel yang akan menertibkan sebanyak 100 orang. Penertiban akan dilakukan mulai Mei hingga Oktober 2011,“ kata Muhartono, Rabu.

Penertiban itu, ujar Muhartono dilakukan di semua rute kereta Jabodetabek. Seperti jurusan Bogor-Kota, petugas bisa melakukan penertiban di Stasiun Pasar Minggu.

Rencananya penertiban yang dilakukan secara acak itu akan  dilakukan setidaknya di lima stasiun, yaitu Pasar Minggu, Manggarai, Sudimara, Kebayoran Lama, Jatinegara, dan Serpong.

Penertiban serupa, lanjut Muhartono, pernah dilakukan pada tahun 2009 dan 2010 di sejumlah stasiun, seperti di Stasiun Pasar Minggu, Kebayoran Lama, dan Jatinegara.

"Saat itu sebanyak 206 penumpang disidang di tempat dan divonis oleh Hakim Pengadilan Negeri setempat. Sosialisasi penertiban dilakukan dengan pemasangan spanduk dan penyebaran brosur di 10 stasiun lintas Jakarta-Bekasi-Cikampek dan menempel stiker di KRL," tutur Muhartono.

Muhartono menerangkan bahwa jika tertangkap tangan, para penumpang gelap itu akan ditindak dengan pasal 207 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 dengan ancaman penjara maksimal tiga tahun dan denda Rp 15 juta.

"Penertiban ini merupakan salah satu program Dirjen Perkeretaapian dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dan dalam rangka melaksanakan UU Nomor 23 tahun 2007 tentang perkretaapian khususnya pasal 207," kata dia.

Laporan: Arnes Ritonga| Jakarta Utara

Profil Epy Kusnandar, Pemeran Kang Mus Preman Pensiun Ditangkap karena Kasus Narkoba
Viral Video Pengalaman Tinggal Dekat Lanud, Netizen: Serasa Lagi Perang

Top Trending : Pengalaman Tinggal Dekat Landasan Udara hingga Anak Kiai Sering Open BO Waria

Ada beberapa artikel yang menjadi pusat perhatian publik di Indonesia sehingga mendapatkan banyak pembaca untuk kanal Trending VIVA.co.id pada Sabtu, 4 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024