DKI Baru Ganti 50 Persen Pohon yang Ditebang

Maket jalan layang Blok M - Cipete
Sumber :
  • Dokumen Dinas PU DKI

VIVAnews - Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Chatarina Suryowati mengatakan, hingga kini pihaknya sudah menanam 50 persen pohon pengganti sebagai kompensasi penebangan 500 pohon akibat pembangunan jalan layang non tol Antasari-Blok M.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Chatarina menegaskan, penggantian itu sesuai janji Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengganti tiap satu yang ditebang dengan 10 pohon. Setidaknya ada 5.000 pohon pengganti yang harus ditanam.

"Saat ini sekitar 50 persennya atau 2.500 pohon sudah kami tanam kembali," ujar Chatarina saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 26 Mei 2011.

Chatarina menjelasan, penanaman sejumlah pohon pengganti tidak hanya di sekitar bekas lokasi penebangan saja, melainkan juga menyebar di lokasi lainnya. Untuk saat ini, 20 persen pohon pengganti akan ditanam di lokasi semula, sementara 80 persen sisanya menyebar di lokasi ruang terbuka hijau (RTH) milik Pemprov DKI Jakarta, seperti di Kebon Kacang Penjaringan, Cilangkap, dan Jalan Moch Kahfi.?

Menurut dia, sejumlah pohon yang ditanam akan dipantau pertumbuhannya. Sedangkan pohon yang mati akan kembali diganti dengan pohon lainnya. Jenis pohon yang ditanam kembali yakni, mahoni, tanjung, trembesi, dan glogogan.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Seperti diketahui, sesuai dengan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), proyek pembangunan flyover Antasari-Blok M yang dibangun sepanjang 4,8 kilometer tersebut, memang ada beberapa pohon yang ditebang. Pohon-pohon yang ditebang posisisnya tepat berada di pemasangan tiang beton pondasi jalan layang yang didirikan.

Tiang pondasi yang dibangun berjarak 40 meter antara satu tiang dengan tiang lainnya. Sedangkan pohon yang ditanam kembali di sepanjang flyover Antasari-Blok M, berjarak 5-10 meter antar pohon. Kemudian, pohon-pohon yang ditanam kembali memiliki tinggi minimal tiga meter. (adi)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024