Kurangi Macet, Pembangunan JORR W2 Dikebut

Ilustrasi proyek pembangunan jalan nasional
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Meski masalah pembebasan lahan belum sepenuhnya terselesaikan, Kementerian Pekerjaan Umum optimis pembangunan Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2 dapat dikerjakan mulai Juli 2011 mendatang.

Menurut Ketua Tim Pengadaan Tanah Kementerian PU, Ambardy Effendy, pembangunan akan dibagi menjadi empat seksi. Pertama Meruya Utara-Meruya Selatan, Meruya Selatan-Joglo, Joglo-Petukangan Utara, dan seksi keempat Petukangan Selatan-Ulujami.

"Untuk seksi pertama lahannya sebagian sudah siap dikerjakan," ujar Ambardy Effendy.

Rizky Febian dan Mahalini Bakal Nikah, Ketua MUI Ungkap Hukum Pria Muslim Nikahi Wanita Non Muslim

Ambardy mengakui masih ada bidang tanah yang belum dibebaskan, namun dia memastikan proses pembebasan di wilayah Jakarta Barat maupun Jakarta Selatan tidak terkendala. Dia menargetkan hingga Juli mendatang tanah yang dibebaskan bisa mencapai 90 persen, sedangkan sisanya akan dikonsinyasi.

Menurutnya, konsinyasi di pengadilan diberlakukan pada status tanah yang belum jelas serta bagi pemilik yang belum cocok dengan harga ganti rugi. Sehingga nantinya bagi yang bersengketa maupun yang tidak cocok harganya akan berurusan dengan pengadilan.

"Selain ada yang masih belum sepakat dengan harganya, ada 11 bidang tanah yang sengketa dan 66 bidang tanah di PTUN. Nanti pada Juli semuanya akan kami konsinyasikan," jelasnya.

Target awal, konsinyasi dapat dilakukan pada April silam, namun karena masih banyak lahan yang belum dibebaskan maka proses konsinyasi diundur.

"Memang tidak sesuai dengan target. Tapi kita usahakan kali ini konsinyasi dilakukan Juli besok," tegasnya.

Saat ini, pembangunan JORR W2 masih dalam tahap tender. JORR W2 akan dibangun sepanjang 7,6 kilometer mulai dari Ulujami, Jakarta Selatan hingga Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Diharapkan dengan terselesai pembangunan JORR W2 ini bisa mengurai kemacetan di Ibu Kota, karena angkutan berat bisa melewati tol lingkar luar dan tidak lagi melintasi di tol dalam kota.

"Kita targetkan pada akhir 2012 pembangunannya selesai. Sehingga awal 2013 sudah dapat dioperasikan. Sekarang sudah dalam tahap tender, Juli pengerjaannya sudah bisa mulai dilakukan," terangnya. (adi)

Semarang Night Carnival Akan Digelar Malam Ini, Arus Lalu Lintas Dialihkan
VIVA Otomotif: Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Jangan Kaget Beli Innova Zenix Sekarang, Perlu Siapkan Uang Lebih

Diam-diam Toyota Astra Motor sebagai produsen, bersama jaringan dilernya menaikkan harga mobil Toyota memasuki Mei 2024. Salah satunya Kijang Innova Zenix harganya naik..

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024