2012 Jalan Gajah Mada Jadi Orchard Road

Ilustrasi keramaian.
Sumber :
  • the-inncrowd.com

VIVAnews - Setelah menerapkan kebijakan penghapusan parkir di badan jalan (on street) sepanjang jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk, pembenahan terhadap sarana trotoar akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, perbaikan terhadap fasilitas bagi pejalan kaki ini rencananya dilakukan mulai 2012.

"Pembahasannya akan dilakukan pertengahan tahun ini, pokoknya nanti jadinya bagus, bisa seperti Orchard Road di Singapura," ujar Pristono, di Jakarta, Selasa, 21 Juni 2011.

Perbaikan trotoar ini merupakan bagian dari optimalisasi penghapusan parkir tepi jalan di dua kawasan itu. Masalahnya, jika tidak didukung dengan sarana yang memadai maka masyarakat yang memarkirkan kendaraan di gedung parkir akan malas berjalan kaki menuju tempat yang mereka tuju.

"Untuk pembangunannya akan diserahkan ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta," ungkapnya.

Bila nanti jaringan trotoar ini terbangun, maka manfaat dari penghapusan parkir tepi jalan akan lebih dirasakan masyarakat. Tidak terkecuali pelaku usaha di dua jalan ini.

Terkait evaluasi penerapan kebijakan penghapusan parkir on street, diakui Pristono sangat efektif menekan kepadatan kendaraan di jalan. Tidak hanya itu, kesadaraan pengendara juga makin meningkat. Ini dibuktikan dengan meningkatkan kapasitas kendaraan yang mengisi gedung parkir yang disediakan.

"Kendaraan yang biasa parkir di tepi jalan kini mulai pindah ke gedung parkir," katanya.

Sebelumnya, Senin pagi, 20 Juni 2011, Dishub DKI Jakarta mulai menerapkan parkir dalam gedung (off street) dan menghapus parkir badan jalan (on street) di jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.

Parkir yang sebelumnya memadati badan jalan, dialihkan ke enam gedung di sekitar kawasan itu yaitu Gajah Mada Plaza, Lindeteves Trade Center, Hayam Wuruk Plaza, Hotel Paragon, Gedung Pelni dan Duta Merlin. (umi)

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia
Telapak Kaki Nabi Muhammad

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Iran tengah dihebohkan setelah seorang ulama, yang sangat pesohor oleh pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, mengeluarkan kritik terhadap Nabi Muhammad, dengan komentar

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024