Liburan Sekolah, Berburu Kerang di Kalimalang

Tiga anak di bawah umur menambang pasir Sungai Mrawan, Jember
Sumber :
  • Antara/ Seno S

VIVAnews - Liburan sekolah menjadi saat yang paling ditunggu anak-anak. Setelah melewati aktivitas belajar dan rutinitas sekolah yang penat, pelajar ingin menghabiskan waktunya dengan refreshing.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Guinea di Playoff Olimpiade

Ada berbagai macam cara menikmati liburan. Tidak melulu harus mengunjungi tempat wisata. Menyalurkan hobi atau melakukan hal yang disenangi dapat menjadi pilihan. Salah satunya seperti yang dilakukan warga Jakarta Timur. Mereka menghabiskan waktu dengan berenang sambil mencari kerang di Kalimalang.

Lazimnya, anak-anak menyukai kolam renang yang besar dan bersih, sekelompok anak-anak yang tinggal di Cipinang Melayu itu tampak riang bermain air di kali yang keruh.

Mereka asyik mencari kijing (kerang kali). Canda serta tawa terlihat dari anak-anak yang mengaku sering berenang ditempat itu. Kalimalang yang mempunyai kedalaman 8 meter itu mereka arungi mulai siang hingga sore hari.

Abdul Wahid, 12 tahun, siswa kelas 6 SD 08 Cipinang Melayu ini merupakan salah satu anak yang senang berenang di Kalimalang tepatnya di depan Universitas Borobudur, Jakarta Timur.

"Saya sudah biasa berenang di sini. Kalau liburan pasti berenang bareng teman-teman untuk mencari kijing yang nantinya dimasak dan dimakan," kata Wahid kepada VIVanews.com.

Sambil menghitung jumlah Kijing yang didapat, Wahid menuturkan, dirinya senang berenang di tempat itu karena sudah terbiasa. Mengisi liburan dengan cara berenang di Kalimalang, tambah Wahid, adalah hal yang menyenangkan. Selain murah, lokasinya juga mudah dijangkau.
 
Wahid bersama teman-temannya berhasil membawa pulang 150 kijing hasil buruan. Menurut Wahid, kijing itu akan dimasak oleh ibunya. Kata Wahid, cara memasaknya juga tidak terlalu sulit.

"Dua hari direndam pakai air garam agar lumpur yang ada di dalamnya keluar dan bersih. Rasanya enak, sama seperti kerang laut. Biasanya ibu saya memasak dengan bumbu kuning," tambahnya.

Meski sudah sering berenang di Kalimalang, Wahid tidak pernah takut dengan ancaman ular yang sering bersarang dipinggiran kali. Bahkan gatal-gatal karena berada lama di air yang kotor tak jarang dia rasakan.

Personel EXO Baekhyun

Birthday Cafe Event Baekhyun Dikritik K-Netz, Kenapa?

Birthday cafe event Baekhyun yang dimulai sejak Sabtu 4 Mei 2024 ini diselenggarakan oleh agensi baru Baekhyun INB 100. Benarkah tujuannya untuk menarik keuntungan?

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024