43 Posko Kesehatan Disediakan Untuk Pemudik

Posko mudik
Sumber :
  • Pemdajabar.go.id

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 43 posko kesehatan di sejumlah titik lokasi mudik. Posko ini didirikan untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik selama perjalanan menuju kampung halaman pada Hari Raya Lebaran tahun ini.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati, posko kesehatan akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis. Yaitu di pintu keluar masuk warga Jakarta seperti terminal, stasiun, Pelabuhan Tanjungpriok, serta Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusumah. Posko kesehatan mudik ini akan dibuka sejak H-7 hingga H+7 Lebaran.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Posko akan melayani kebutuhan kesehatan para penumpang yang akan menggunakan keempat jenis transportasi itu. "Ini memang disediakan untuk para pemudik. Biasanya karena berdesak-desakan, banyak pemudik yang kurang sehat. Ini gratis, tidak dipungut biaya," kata Dien, di Jakarta.

Dien menjelaskan, posko kesehatan yang disediakan bersifat stastis dan mobile. Untuk posko kesehatan yang statis akan beroperasi selama 24 jam, di tempatkan di terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan. Sementara, untuk yang mobile, seperti dalam kegiatan mudik bareng yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan.

"Posko kesehatan yang statis akan ditempatkan di Terminal Lebakbulus, terminal Kampungrambutan, stasiun Jatinegara, stasiun Senen, dan Stasiun Gambir. Sementara yang mobile, seperti di Senayan," paparnya.

Menurut Dien, posko kesehatan yang melayani 24 jam akan dibagi dengan tiga shift, masing-masing shift terdapat tenaga medis, yakni dokter, perawat, farmasi, dan sopir ambulan. Pihaknya juga menyediakan 43 mobil ambulans yang merupakan bantuan dari Sudinkes dan puskesmas wilayah masing-masing. "Untuk posko kesehatan ini dimonitoring langsung oleh Kepala Sudin di tiap wilayah," terangnya.

Dien mengungkapkan, setiap posko diberikan stok obat disentri, mual, batuk, pilek, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Dia memastikan stok obat yang disediakan cukup untuk melayani pemudik setiap harinya.

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024