PDAM: Jakarta Krisis Air Bersih

Suplai Air Bersih
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) memastikan Jakarta sedang mengalami krisis air. Meski tidak ada gangguan akibat runtuhnya tanggul Kanal Tarum Barat, Kalimalang, Jakarta Timur, ada 115 pelanggan yang tidak mendapat air bersih atau zero consumption.

Dirut PDAM DKI Jakarta Mauritz Napitupulu, mengatakan,  pada saat terjadi gangguan pasokan akibat tanggul jebol, ada 60 ribu pelanggan Aetra dan 95 ribu pelanggan Palyja yang tidak mendapat pasokan air.

"Ini lebih buruk akibat runtuhnya pintu air," ujar Mauritz di kantor PDAM, Pejompongan, Jakarta, Rabu malam, 7 September 2011.

Menurut Mauritz, sebanyak 95 ribu pelanggan Palyja dari 400 ribu pelanggan ini tidak mendapatkan air sejak lama, meski mereka sudah memiliki instalasi pipa namun tidak ada airnya.

"Ini bukan pelanggan namanya, perlu saya koreksi biar tidak disebut pelanggan," kata dia.

Banyak operator mengejar dan menambah pelanggan tanpa memperhatikan kualitas. Tujuannya untuk menghindari pinalti, tetapi sayangnya kebutuhan akan air bersih tidak dipenuhi.

Selain itu, Mauritz juga menilai krisis air ini akibat topografi kota Jakarta yang sangat terbatas, sehingga Jakarta tak memiliki ketahanan air yang baik sebagai Ibu Kota. Jakarta sangat tergantung Jawa Barat dan Banten, untuk ketersediaan air bersih.

"Jakarta kekurangan sumber daya alam (SDA), sangat jelek sekali, namun itu faktanya, sehingga tidak memiliki cadangan air baku sendiri," tegas dia.

Dilanjutkan Mauritz, untuk desalinisasi atau pengolahan air laut sangat mahal. Sementara memanfaatkan 13 aliran kali yang melintas juga tidak memungkinkan karena kualitasnya buruk.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024