Tiket Feeder TransJakarta Dipatok Rp6.500

Sterilisasi Jalur Busway
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Hari ini, Rabu, 28 September 2011, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan bus pengumpan atau feeder TransJakarta. Peluncuran akan dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, di kantor Walikota Jakarta Barat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, ada tiga bus yang mulai dioperasikan, yaitu satu bus feeder daerah asal (origin) dan dua bus feeder daerah tujuan (destination).

Pristono menjelaskan feeder origin akan menghubungkan titik asal perjalanan masyarakat atau kawasan pemukiman, dengan koridor busway.

Kasus Korupsi Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Cegah Eks Ketua DPD Gerindra Malut ke Luar Negeri

Sedangkan, feeder destination menghubungkan koridor busway dengan pusat aktivitas masyarakat, seperti sekolah, perkantoran, dan kawasan perniagaan.

Dia menerangkan bus feeder menggunakan sistem tiket terintegrasi dengan tiket bus Transjakarta. Harga tiket sebesar Rp6.500 per orang, dengan rincian Rp3.500 untuk tiket bus Transjakarta dan Rp3.000 untuk feeder.

Jumlah halte yang disediakan untuk tiga rute adalah sebanyak 19, yaitu Rute-1 ada delapan halte, Rute-2 ada lima halte, dan Rute-3 ada enam halte. Masing-masing halte dibangun dengan undakan tangga, karena bus feeder memiliki dek yang sama tinggi seperti bus Transjakarta.

Bus berukuran medium ini memiliki kapasitas 35 orang, yakni 20 untuk penumpang duduk dan 15 untuk penumpang berdiri.
 
Koridor busway yang terintegrasi dengan feeder yakni di Rute-1 Feeder terintegrasi Koridor III (Kalideres-Harmoni) dan Koridor VIII (Lebakbulus-Harmoni), Rute-2 Feeder terintegrasi dengan Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor II (Pulogadung-Harmoni) serta Rute-3 Feeder terintegrasi dengan Koridor I dan Koridor IX (Pinangranti-Pluit).

Soal lintasan yang akan dilalui feeder, Rute-1 akan melintasi RS Puri Indah-Walikota Jakarta Barat-Pasar Puri Sisi Utara-Pasar Puri Sisi Selatan - Mutiara Kedoya Sisi Timur - Kedoya Raya Sisi Barat - Kembangan Sisi Selatan -Pesanggrahan sisi timur-transfer poin koridor VIII-transfer point Koridor III.

Lintasan Rute-2 adalah Jatibaru – Abdul Muis sisi barat – IRTI sisi selatan – Abdul Muis sisi timur (Kemenhub) – Jl Fahrudin sisi barat – transfer point Koridor II – transfer point Koridor I.

Dan Rute 3 melintasi BEJ-Komdak-Gelora Senayan-Plaza Senayan-Senayan Trade Center-Transfer poin Koridor I dan transfer point Koridor IX.

5 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum
Zulkifli Hasan dan Prabowo

Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

Usulan Presidential Club ala Prabowo menuai pro dan kontra.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024