Faisal Basri & Biem Benjamin Berduet di DKI 1

Faisal Basri
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ahli ekonomi dari Universitas Indonesia, Faisal Basri dan putra almarhum Benyamin S, Biem Benyamin, mendeklarasikan sebagai pasangan Calon Independen Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012.

Seperti dijelaskan Faisal, pilihan maju sebagai pasangan independen ini merupakan jawaban atas aspirasi yang berkembang di masyarakat selama ini.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Warga Jakarta menurutnya membutuhkan calon pemimpin yang dekat dengan mereka. Bukan calon yang dipilih tersembunyi oleh oligarki penguasa partai.

"Warga ingin menjadi subyek dalam proses politik dan tidak menitipkan suaranya pada lembaga yang terbukti seringkali mengecewakan mereka," ujar Faisal di Gedung Juang 45, Jumat, 7 Oktober 2011.

Dalam pemilihan kali ini, calon perseorangan dimungkinkan maju ke bursa pemilihan pepimpin daerah DKI Jakarta 2012.

"Jalan itu dimungkinkan undang-undang. Tahun depan adalah pertama kalinya Pemilukada Jakarta akan menyertakan calon perseorangan," katanya.

Faisal Basri dan Biem Benjamin memilih jalur independen untuk memangkas birokrasi pertanggungjawaban. Mereka akan meminta amanat langsung dari warga, sehingga dalam menjalankan amanat kekuasaan nanti akan sepenuhnya berorientasi kepada kebutuhan warga, bukan mengabdi kepada partai-partai.

Sebagai calon independen, Faisal Basri dan Biem Benjamin diwajibkan UU untuk mengumpulkan dukungan minimal 4 persen warga Jakarta atau sekitar 400 ribu orang.

"Jalan baru ini diharapkan dapat memangkas biaya politik dalam Pemilukada. Calon tidak perlu meminta tiket partai yang biasanya menjadi ongkos politik yang mahal dalam Pemilukada," ujarnya. (umi)

Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024