Pilkada DKI

Djan Faridz Alihkan Pendukung ke Foke?

Djan Faridz, Prya Ramadhani dan Fauzi Bowo
Sumber :
  • Antara/ Adi

VIVAnews - Djan Faridz dipilih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Menteri Perumahan Rakyat. Dengan begitu, Ketua PWNU DKI Jakarta itu tidak akan bertarung dalam pilkada gubernur Jakarta 2012 mendatang.

Pengamat politik dari Charta Politika, Arya Fernandez mengatakan, hal itu akan menguntungkan calon-calon lain.

"Saya kira, mundurnya Djan tentu akan memberi keuntungan tersendiri bagi calon-calon lain," kata Arya saat berbincang dengan VIVAnews.com, Jakarta, Senin 24 Oktober 2011.

Dia menambahkan, yang lebih penting, calon-calon lain tentu akan berebut meminta dukungan Djan. Sebab, pengusaha perumahan itu dinilai memiliki basis massa yang jelas.

"Terlebih, dia sudah mendapatkan tiket dari PPP, Gerindra, dan Hanura," imbuhnya.

Menurut Arya, pada titik ini tentu calon incumbent yakni, Fauzi Bowo diuntungkan. Apalagi, lanjutnya, dalam beberapa kesempatan, Djan seperti memberi sinyal dukungan kepada Foke, sapaan akrab Fauzi.

"Djan dalam berbagai pernyataan memberi sinyal dukungan ke Foke. Sebagai pengusaha, saya melihat Djan berpotensi mengalihkan dukungan ke Foke," ujarnya.

Selain itu, dikatakan oleh pemuda berdarah Minang ini, belum munculnya tokoh alternatif yang dapat mengimbangi kekuatan dan elektabilitas Foke, tentu menjadikan Foke semakin percaya diri.

Meski demikian, Arya memperingatkan Foke untuk tetap berhati-hati. Pasalnya posisi elektoral Foke belum sepenuhnya aman.

"Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemda DKI di bawah kepemimpinan Foke masih mengkhawatirkan dan berpotensi turun. Bila ini terjadi tentu menjadi alarm bagi Foke," tegasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menyatakan jadwal pencoblosan Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta dipercepat. Dari rencana semula yakni 8 Agustus 2012, akan dimajukan menjadi 11 Juli 2012.

"Tanggal yang dipilih sebelumnya untuk pemungutan suara, 8 Agustus 2012, ternyata masuk dalam bulan Ramadhan. Maka, pemungutan suara menjadi 11 Juli 2012. Tetapi masih belum keluar SK (Surat Keputusan)," ujar Ketua KPU DKI Jakarta, Yuri Ardiantoro. (umi)

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti
The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024